Penggunaan Ponsel untuk Anak-anak di China Maksimal 2 Jam

Ilustrasi anak di bawah umur mengakses internet (unsplash.com/@ltoinel)

MAKASSARINSIGHT.com, BEIJING - Cyberspace Administration of China (CAC) ajukan pembatasan penggunaan ponsel untuk anak-anak. Hal itu merupakan pukulan bagi perusahaan yang bergerak di bidang media sosial dan game online seperti Tencent, perusahaan game online terbesar di China, dan ByteDance, platform video pendek populer Douyin atau TikTok versi China.

CAC pada Rabu, 3 Agustus 2023 menerbitkan rancangan pedoman di situsnya, yang menyatakan anak di bawah umur tidak akan diizinkan mengakses sebagian besar layanan internet di ponsel dari pukul 22.00 hingga 06.00. 

CAC juga mengatur durasi penggunaan internet. Anak-anak berusia antara 16 hingga 18 tahun hanya boleh bisa mengakses internet selama dua jam sehari. Anak-anak berusia antara 8 hingga 15 tahun hanya diperbolehkan satu jam sehari, sedangkan mereka yang berusia di bawah 8 tahun hanya diperbolehkan 40 menit dalam sehari.

Baca Juga: 

Pembatasan tersebut adalah usaha terbaru dari Beijing untuk mengurangi kecanduan internet, yang dianggap sebagai masalah yang menyebar luas di kalangan anak muda. Pada tahun 2019, pemerintah China membatasi waktu bermain game online harian anak-anak menjadi 90 menit per hari, dan kemudian pada tahun 2021, pembatasan tersebut diperketat lagi, menjadi hanya selama satu jam per hari pada hari Jumat, akhir pekan, dan hari libur nasional.

Atas respon dari kebijakan tersebut, platform video pendek dan video online seperti Douyin, Bilibili, dan Kuaishou telah menghadirkan fitur khusus untuk remaja yang membatasi tipe konten yang dapat dilihat oleh pengguna di bawah umur dan durasi penggunaan layanan mereka. Selain itu, platform-platform tersebut mendorong anak-anak untuk mengakses konten pendidikan, seperti eksperimen sains.

Baca Juga: 

CAC menyebutkan selalu mendorong pengembangan mode remaja di platform internet. “Sejak mode diluncurkan, ada dampak positif dalam mengurangi kecanduan internet remaja dan dampak informasi yang tidak diinginkan,” tambah CAC.

CAC menyebutkan draf pedoman terbuka untuk umpan balik publik hingga 2 September. Namun pihaknya tidak menyebutkan kapan aturan baru tersebut akan berlaku.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 07 Aug 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories