Pemkab Maros Dorong Pengembangan Industri Kecil dan Mikro Lewat eCommerce

Kadisperindag Maros Towadeng. (IST)

MAKASSARINSIGHT.com - Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Kopurindag) Kabupaten Maros terus melakukan innovasi, dan menunjukkan keseriusannya dalam meningkatkan kelas sentral Industri Kecil menengah (IKM) dan UMKM yang ada di Kabupaten Maros.

Tak tanggung tanggung awal 2023 Innovasi Kopurindag Maros terus melaju setelah resmi pembentukan UPT PLUT, SentriMas (Pusat Layanan UMKM Terpadu, Sentra Industri dan Kemasan). 

“Ini menyasar sektor eCommerce,” ujar Kadis Koperindag Maros, Towadeng.

Baca Juga: 

Mantan Sekretaris dewan (Sekwan) DPRD Maros ini mengatakan setelah sukses menggandeng Javanero dalam hal pengembangan Kopi dan melakukan export perdana ke Tunisia pada Desember 2022 lalu, pihaknya pada awal 2023 ini bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia tbk melalui Program PADI UMKM ( Pasar Digital) UMKM dan Agree, jelasnya.

PaDi UMKM adalah salah satu platform hasil besutan Telkom Indonesia yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN, PaDi UMKM ini dibentuk dengan tujuan untuk mempertemukan BUMN dengan UKM dengan tujuan untuk mengoptimalkan efisiensi belanja BUMN pada UMKM, terangnya.

Dalam zoom meeting Koperindag dengan Pihak Telkom melalui Merchan Growth Padi sangat menyambut baik inisiatif Pemkab Maros untuk membuka akses kolaborasi, Selasa, (17/1/2023).

Sambung Towadeng menuturkan program ini disusun dalam rangka percepatan peningkatan data saing UMKM kabupaten Maros dimana penggunaan arus tehnologi dan yang berbasis internet menjadi suatu keharusan untuk itulah kami ingin Telkom sebagai salah satu BUMN terbaik bisa menjadi mitra kami dalam mengembangkan program ini.

Baca Juga: 

"Kami berharap bahwa dengan kemampuan Telkom dalam tehnologi komunikasi dapat berdampak positif dalam upaya peningkatan mutu UMKM kami baik itu dalam hal penyiapan jaringan internet yang baik dan aplikasi e comercee yg akan kami gunakan selanjutnya", tuturnya

Sementara Merchant Growth Padi Telkom, Nur Rachmat mengatakan upaya yang di lakukan pemkab Maros melalui dinas Kopurindag adalah suatu terobosan positif dimana kolaborasi dengan berbagai Pihak yang dipusatkan di suatu tempat akan lebih memudahkan para pelaku IKM dan UMKM kabupaten Maros.
Dan tentunya sebagai salah satu BUMN yang mempunyai visi memajukan UMKM naik kelas Telkom akan dengan senang hati menyambut baik program bersama ini.

" kami sangat mengapresiasi inisiatif Dinas Kopurindag yang mau menggandeng Telkom untuk berkolaborasi dalam pengembangan umkm di kabupaten Maros, dan kami siap mendukung dan turut andil didalamnya", ungkapnya.

Untuk program ini dinas Kopurindag kabupaten Maros akan menggandeng banyak mitra dalam upaya kolaborasinya, Sebelumnya Dinas Kopurindag Maros telah menggandeng Bank Mandiri, UNHAS, Bea cukai, Kemenag Maros, UMMA dan tidak tertutup kemungkinan akan semakin banyak yang akan bergabung, tutupnya.(***)

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories