Orangtua Harus Baca, Tips Agar Anak Terhindar dari Kasus Penculikan

Ilustrasi Penangkapan

MAKASSARINSIGHT.com - Ketua Dewan Pakar Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti memberikan sejumlah tips kepada para orang tua agar anak-anak terhindar dari tindak kejahatan penculikan anak.

"Orang tua perlu dan penting mengedukasi anak-anaknya dengan tips mengedukasi anak," kata Retno.

Menurut Retno, mengedukasi anak  merupakan salah satu cara menghindari anak-anak dari korban penculikan.

Adapun tips menghindari anak menjadi korban penculikan yaitu dengan cara ajari anak sejak dini untuk merespons situasi yang membahayakan.

"Misalnya harus berteriak minta tolong kepada orang lain ketika ada orang yang tidak dia kenal memaksanya untuk ikut pergi bersama," ujarnya.

Tipa kedua, kata dia, mengajari anak untuk waspada kepada orang yang baru dikenal dengan cara memberi tahu sang anak tidak boleh mudah percaya kepada orang baru yang dilihat.

"Orang tua juga harus mengajarkan kepada si anak untuk bisa menolak pemberian dari orang asing. Ini sangat penting terutama ketika tidak ada orang tua di sampingnya," ujarnya.

Kumudian tips selanjutnya, sang orang tua harus memberikan pengertian dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami oleh sang anak tentang bahaya ikut bersama orang yang tidak dikenal.

"Tips ke empat pastikan anak di samping orang tua. Tekankan pada anak untuk selalu berada di samping orang tua jika bepergian di tempat yang ramai," ujarnya.

Selanjutnya tips terakhir, lanjut Retno, yaitu Jika anak masih usia SD dan orang tua tidak dapat mengantar jemput, maka sebaiknya memiliki kode atau pasword dengan anak yang harus di ucapkan oleh si penjemput.

"Tips ke enam kalau tepat paswordnya maka itu adalah benar penjemput yang dipesan orang tuanya. Misalnya password nama hewan yang tiap hari diganti," tuturnya. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories