Ngeri!!!12 Binatang Kanibal Ini Makan Jenisnya Sendiri

(null)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - Kanibalisme bukanlah hal yang paling tabu di alam, dan hewan telah memakan jenis mereka sendiri selama jutaan tahun. Kasus tertua di dunia yang terjadi pada trilobita setengah miliar tahun yang lalu. 

Saat ini, banyak makhluk yang melakukan perilaku ini. Hewan kanibal ini tidak memakan sesama anggota spesiesnya sepanjang waktu dan beberapa hanya menjadi kanibal dalam skenario tertentu dan langka. Berikut 12 hewan yang memakan hewan mereka sendiri yang dikutip dari Live Science.

1. Monyet

Live Science

Kanibalisme pada monyet biasanya dikaitkan dengan pembunuhan bayi. Misalnya, pada tahun 2019, para peneliti mengamati sekelompok monyet capuchin berwajah putih Panama ( Peniru Cebus ) melakukan kanibalisasi terhadap bayi yang baru lahir di Taman Nasional Santa Rosa di Kosta Rika setelah monyet berusia 10 hari tersebut jatuh dari pohon. 

Baca Juga: 

Para peneliti yang mengamati kanibalisme menduga bahwa seekor pejantan dewasa mendorong atau menyerang bayi tersebut, sehingga menyebabkan kematiannya. Jantan dewasa dari banyak spesies berbeda akan membunuh keturunan yang tidak berkerabat demi mendapatkan kesempatan menjadi bapak bagi keturunan mereka sendiri. 

2. Beruang Kutub

Wikipedia

Sebagian besar kasus kanibalisme beruang kutub ( Ursus maritimus ) melibatkan pejantan yang membunuh anak beruang kutub,  atau  kadang-kadang – betina dewasa. Namun, baik beruang kutub jantan maupun betina akan mengais bangkai beruang kutub mati yang telah dibunuh dan dikuliti oleh manusia. Ini menurut sebuah penelitian tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Arctic . 

The Guardian melaporkan pada tahun 2020 bahwa kanibalisme meningkat pada beruang kutub di Rusia utara. Kemungkinan karena kurangnya makanan akibat mencairnya es laut yang disebabkan oleh perubahan iklim dan aktivitas manusia yang memaksa mereka menjauh dari tempat berburu biasanya.   

3. Jaguar

Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal The Southwestern Naturalist mendokumentasikan kasus pertama kanibalisme liar di antara jaguar dewasa ( Panthera onca ). Dua jaguar jantan tampaknya telah membunuh dan memakan sebagian seekor jaguar betina.  Para peneliti percaya  dengan banyaknya mangsa di daerah tersebut, kekerasan tersebut kemungkinan besar berasal dari tekanan sosial karena jaguar yang tidak dikenal bertemu satu sama lain di hutan. Kanibalisme Jaguar juga dapat terjadi selama pembunuhan bayi, meski jarang terjadi. 

4. Hiu Macan Pasir

Hiu macan pasir ( Carcharias taurus ) saling mengkanibal bahkan sebelum mereka meninggalkan rahim. Para peneliti telah lama mendokumentasikan embrio hiu macan pasir di dalam perut embrio lain , dengan anak-anaknya menyerang dan memakan pasangan rahimnya saat mereka berkembang. Kanibalisme ini berarti hanya keturunan terbesar dan terkuat yang dapat bertahan hidup. 

Persaingan mungkin mendorong hiu macan pasir untuk saling memakan di dalam rahim. Betina dewasa dapat kawin dengan banyak pejantan, dan kanibalisasi mungkin terjadi di antara embrio dari ayah yang berbeda. 

Ada kemungkinan bahwa keturunan dari pejantan pertama yang kawin dengan betina memiliki lebih banyak waktu untuk berkembang dan keturunan. Dari pejantan berikutnya berukuran lebih kecil, dan menjadi makanan mereka, namun para peneliti belum yakin. Hiu dewasa juga akan memakan anggota kecil dari spesiesnya. 

5. Buaya

Aligator memangsa berbagai macam mangsa, termasuk aligator lainnya.  Adam Rosenblatt , asisten profesor biologi di University of North Florida yang mempelajari aligator Amerika ( Alligator mississippiensis )  mengatakan  kanibalisme aligator telah terjadi selama jutaan tahun. Aligator memakan hewan yang lebih kecil secara utuh dan mengguncang mangsa yang lebih besar dengan rahangnya untuk memecah-mecah bagian yang lebih mudah diatur. 

6. Harimau

Para peneliti masih mempelajari perilaku kanibalisme pada harimau ( Panthera tigris ), namun terdapat bukti bahwa harimau dewasa kadang-kadang memangsa anak harimau dan harimau dewasa lainnya. Misalnya, seekor harimau membunuh dan memakan seekor harimau betina dewasa dan kemudian dua harimau sub-dewasa di Taman Nasional Kanha di India pada tahun 2019. Dengan banyaknya mangsa yang tersedia di wilayah tersebut, tindakan kanibalisme mengejutkan para pejabat satwa liar dan pelestari lingkungan.

7. Laba-laba

Laba-laba terlibat dalam berbagai bentuk kanibalisme. Ada banyak contoh laba-laba betina yang memangsa laba-laba jantan setelah kawin. Pejantan secara dramatis melontarkan diri dari betina segera setelah kawin. Mereka yang gagal melarikan diri akan dimangsa. 

Laba-laba gurun jantan Stegodyphus lineatus melakukan pembunuhan bayi dengan memakan kantung telur betina sebelum keturunannya menetas. Dan jika keturunannya berhasil menetas, mereka akan memakan induknya. 

8. Ikan Lancet

Ikan lancet hidung panjang ( Alepisaurus ferox ) adalah kanibal laut dalam yang tumbuh hingga sepanjang  2,1 meter di lautan tropis dan subtropics. Sering kali berdiam di zona senja sekitar 200 hingga 1.000 m di bawah permukaan. 

Ikan lancet yang lebih kecil sering muncul di perut ikan yang lebih besar. Ini  menunjukkan bahwa makhluk tersebut biasanya memakan satu sama lain. 

9. Salamander Pengendali Neraka

Salamander pengendali neraka jantan ( Cryptobranchus alleganiensis ) menyayang  ayah dengan satu kelemahan: Mereka biasanya mengkanibal sekitar 14% keturunannya. Hal ini biasanya tidak menjadi masalah bagi kelangsungan hidup spesies mereka, karena salamander sering kali memangsa keturunan yang memiliki peluang bertahan hidup yang rendah. Namun, penggundulan hutan meningkatkan nafsu makan mereka. 

Baca Juga: 

Para peneliti menduga penggundulan hutan yang disebabkan oleh manusia mengubah komposisi kimia air di habitat salamander dan menghabiskan persediaan makanan mereka. Ini menyebabkan salamander jantan memakan lebih banyak anak-anaknya. Spesies lain, termasuk katak tebu ( Rhinella marina ) dan ubur-ubur sisir ( Mnemiopsis leidyi ), juga memakan anak mereka sendiri. Praktik ini disebut kanibalisme anak.

10. Kuda Nil

Para peneliti mengira kuda nil ( Hippopotamus amphibius ) hanyalah hewan herbivora hingga tahun 1990-an, ketika orang-orang mulai mendokumentasikan mereka sedang mengais bangkai untuk diambil dagingnya . Termasuk sisa-sisa sesama kuda nil. Kanibalisme mungkin menjadi salah satu penyebab wabah antraks pada populasi kuda nil di Uganda pada tahun 2004. Kuda nil berpotensi membantu menyebarkan penyakit ini dengan memakan bangkai individu yang terinfeksi.

11. Anjing Laut Abu-Abu 

Anjing laut abu-abu ( Halichoerus grypus ) kebanyakan memakan ikan tetapi tidak menyukai tindakan kanibalisme yang aneh. Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam Journal of Sea Research menggambarkan anjing laut jantan sub-dewasa membunuh seekor anjing laut muda dan memakan lemaknya yang kaya energi selama sekitar 90 menit. 

Para penulis mencatat bahwa 1 ons (28 gram) lemak anjing laut memiliki jumlah kalori yang sama dengan 3,5 ons (100 g) ikan herring, makanan umum anjing laut abu-abu. Sedangkan 0,4 ons (12 g) lemak setara dengan 3,5 ons ikan cod. Jadi kanibalisme berpotensi memberikan nilai kalori yang baik bagi anjing laut.

12. Manusia

Manusia telah terlibat dalam kanibalisme sepanjang sejarah kita. Mulai dari memakan musuh untuk mencerminkan agresi hingga memakan orang yang kita cintai untuk menghormati kematian mereka. 

Mereka yang berada di ambang kelaparan juga terpaksa melakukan kanibalisme untuk bertahan hidup. Termasuk pada saat kelaparan, dalam ekspedisi yang melelahkan , dan ketika terdampar. Ada juga bukti bahwa Neanderthal dan kerabat manusia lainnya yang punah pernah  beralih ke kanibalisme .

Terlepas dari semua ini, manusia pada dasarnya menentang gagasan memakan jenis mereka sendiri, dan tindakan tersebut sering kali dianggap sebagai hal yang paling tabu. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Amirudin Zuhri pada 11 Dec 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories