Musrenbang Kota Makassar, Kepala Bappeda: Usulan Pembangunan Infrastruktur Dominan

Kepala Bappeda Kota Makassar Andi Zulkifly. (IST)

MAKASSARINSIGHT.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025, Berlangsung di Hotel Claro Makassar, Rabu (6/3/2024).

Kepala Bappeda Kota Makassar, Andi Zulkifli Nanda menyebutkan hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kota Makassar masih didominasi usulan pembangunan infrastruktur.

“Paling banyak usulan dari Dinas PU (Pekerjaan Umum). Ini kita lihat paling banyak adalah infrastruktur, apakah drainase, paving, jalanan itu paling banyak diusulkan,” kata Zulkifli. 

Baca Juga: 

Usulan tersebut, kata Zulkifli, datang dari musrenbang yang dilakukan tingkat Kelurahan, ke Kecamatan kemudian ke Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan juga reses yang dilakukan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Makassar.

Hasil dari usulan tersebut akan diseleksi untuk ditetapkan dalam dokumen perencanaan tahun 2025, yang menjadi prioritas adalah yang sesuai dengan program startegis Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, yaitu Makassar Low Carbon City.

Baca Juga: 

“Kita lihat komitmen SKPD untuk memasukkan program kegiatan yang berhubungan dengan low karbon city, mereka sudah tampilkan satu-satu di Rakorsus baru-baru ini. Terkait pembangunan fisik, bagaimana SKPD ini menerapkan konsep green building,” tegasnya. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Tags Bappeda Makassar Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories