Mau Tahu Apa Warna Kulit Cleopatra? Coba Baca Ulasan Ini

Elizabeth Taylor dalam film Cleopatra (Variety)

MAKASSARINSIGHT.com - Cleopatra VII mungkin adalah wanita paling terkenal di dunia kuno. Dia adalah yang terakhir dari dinasti yang memerintah Mesir kuno selama sekitar 300 tahun. Dari  kematian Alexander the Great hingga kebangkitan Kekaisaran Romawi.

Wajahnya telah diabadikan pada beberapa artefak dari dunia kuno, termasuk koin dan relief. Mungkin penggambaran dirinya yang paling terkenal adalah relief di kuil Dendera di Mesir yang menunjukkan dirinya bersama putranya, Caesarion.

Namun terlepas dari penggambaran kuno ini, kita sebenarnya hanya tahu sedikit tentang seperti apa rupa wanita paling kuat di dunia kuno ini. Dalam beberapa tahun terakhir, kontroversi itu berpusat pada topik perdebatan: Apa warna kulit Cleopatra?

Catatan arkeologi tidak memberi kita banyak petunjuk. Tubuhnya tidak pernah ditemukan, dan penggambaran yang dibuat pada saat itu kemungkinan besar tidak dimaksudkan sebagai representasi sebenarnya dari atribut fisiknya.

Baca Juga: 

"Kami benar-benar tidak memiliki bukti dari dunia kuno yang menunjukkan warna kulit Cleopatra," kata Prudence Jones, seorang profesor humaniora klasik dan umum di Montclair State University, dikutip Live Science Rabu 9 Agustus 2023.

Terlebih lagi, konsepsi kita tentang warna kulit sebagai "putih" atau "Hitam" pastilah asing bagi orang-orang kuno yang hidup pada masa itu.

Cleopatra VII memerintah dari sekitar 51-30 SM dan merupakan penguasa terakhir dinasti Ptolemeus, yang memerintah Mesir selama hampir 300 tahun. Ketika Julius Caesar datang ke Mesir, dia memiliki seorang putra bersamanya bernama Caesarion. Belakangan ia menjalin asmara dengan Mark Antony yang berujung pada kelahiran tiga anak. Setelah pasukan Oktavianus menaklukkan Mesir pada 30 SM. dia bunuh diri.

Warna kulit Cleopatra

Artefak yang ada  saat ini tidak banyak. Itu termasuk koin bergambar dirinya  yang telah ditemukan di situs Taposiris Magna di Mesir. Ada sejumlah patung yang mungkin menggambarkan Cleopatra VII yang kini berada di museum-museum yang tersebar di seluruh dunia. Namun, asal usul patung-patung ini tidak pasti dan apakah benar-benar menggambarkan Cleopatra VII masih diperdebatkan.

Andrew Kenrick, peneliti tamu di University of East Anglia di Inggris, mengatakan bahwa penulis kuno biasanya tidak membahas seperti apa sosok  itu. Kenrick juga mencatat bahwa patung kuno bisa menyesatkan. 

"Patung dan arca dimaksudkan sebagai proyeksi dari berbagai segi sosok, bukan dimaksudkan sebagai kemiripan yang sebenarnya," kata Kenrick kepada Live Science melalui email. Misalnya, sebuah patung mungkin menggambarkan seorang  lebih berotot daripada yang sebenarnya.

“Selain itu, kami tidak mengetahui identitas ibu atau nenek dari pihak ayah Cleopatra, “catat Kenrick, yang berarti kemungkinan Cleopatra memiliki keturunan Afrika.

"Apa yang kita tahu adalah bahwa ayah Cleopatra adalah orang Yunani, dan dia akan menganggap dirinya orang Yunani - meskipun dia menggambarkan dirinya sebagai orang Mesir, jika itu cocok untuknya secara politis," kata Kenrick. Kadang-kadang Ptolemy menikah dalam keluarga mereka sendiri dan Cleopatra VII menikah dengan saudara laki-lakinya Ptolemy XIV sebelum dia dibunuh pada tahun 44 SM.

Baca Juga: 

Namun, Zahi Hawass, mantan menteri barang antik Mesir yakin bahwa keturunan Yunaninya menunjukkan dengan jelas satu jawaban.

"Cleopatra bukan orang kulit hitam," kata Hawass menanggapi Adele James, seorang aktris biracial, yang berperan sebagai ratu dalam acara Netflix "Queen Cleopatra."

"Seperti bukti sejarah yang terdokumentasi dengan baik, dia adalah keturunan seorang jenderal Yunani Makedonia yang sezaman dengan Alexander the Great. Bahasa pertamanya adalah bahasa Yunani dan dalam patung dan potret kontemporer dia digambarkan dengan jelas berkulit putih," tulis Hawass dalam sebuah kolom di Arab News pada saat itu. 

Pada tahun 2009, BBC menayangkan film dokumenter berjudul "Cleopatra: Portrait of a Killer".  Pembuat pembuat film dokumenter berbicara dengan para peneliti yang memeriksa sisa-sisa kerangka yang ditemukan pada tahun 1926 di sebuah makam di Efesus di Turki modern. 

Para peneliti percaya bahwa tulang itu milik Arsinoë IV, saudara perempuan Cleopatra yang dibunuh atas perintah Mark Antony pada tahun 41 SM. Catatan kuno menunjukkan bahwa Cleopatra mendorong pembunuhan itu, karena takut Arsinoë akan mencoba merebut tahtanya.

Meskipun tengkorak itu hilang selama Perang Dunia II, tim merekonstruksi dan menganalisis tengkorak tersebut menggunakan foto dan gambar lama. Mereka mengklaim mengidentifikasi fitur tengkorak yang menunjukkan bahwa ibu Arsinoë IV adalah keturunan Afrika.

“Jarak dari dahi ke bagian belakang tengkorak panjang dalam kaitannya dengan tinggi keseluruhan tengkorak. Dan  itu adalah sesuatu yang cukup sering Anda lihat pada populasi tertentu, salah satunya adalah orang Mesir kuno dan yang lainnya adalah kelompok Afrika Hitam.  Ini  menunjukkan bahwa Arsinoë IV memiliki keturunan campuran, “kata Caroline Wilkinson, seorang profesor antropologi di Universitas Liverpool, dalam film dokumenter tersebut.

Jika seseorang berasumsi bahwa Arsinoë IV adalah saudara kandung Cleopatra, ini akan menunjukkan bahwa ratu mungkin sebagian keturunan Afrika, catat para peneliti.  

Apa pun warna kulit Cleopatra, gagasan "putih" atau "gelap " seperti yang dipahami saat ini akan asing bagi orang-orang kuno. 

"Orang-orang kuno tidak mempedulikannya seperti yang dilakukan orang modern dan kontemporer. Itu tidak relevan bagi mereka dan pandangan dunia mereka, tidak ada bedanya perasaan mereka tentang Cleopatra. Mereka lebih peduli tentang dia sebagai orang Mesir, Makedonia , seorang wanita, dll,” kata  Jane Draycott, dosen klasik di sekolah humaniora Universitas Glasgow kepada Live Science melalui email. 

Itu tidak berarti beberapa orang kuno tidak memperhatikan perbedaan antar kelompok budaya. "Orang-orang Romawi mengomentari orang-orang berambut pirang dan berambut merah di Eropa Utara dan orang-orang berkulit gelap, berambut 'wol' dari Afrika, dan melihat kedua kelompok itu berbeda dari diri mereka sendiri," kata Draycott.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Amirudin Zuhri pada 09 Aug 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories