Mau Lihat Fenomena 5 Planet Sejajar yang Berlangsung Pekan Ini, Begini Cara Lihatnya

(null)

MAKASSARINSIGHT.com - Fenomena sejajarnya 5 planet kembali terjadi pekan ini. Kali ini, giliran Saturnus, Neptunus, Jupiter, Uranus, dan Merkurius berbaris dalam satu garis.

Fenomena langka ini diperkirakan akan berlangsung pada 17 Juni 2023. Menariknya, fenomena ini dapat dilihat dengan mata telanjang dan pengaturan waktu yang sempurna.

Lokasi berbarisnya planet ini adalah di bagian ufuk timur. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membawa teropong atau teleskop.

Lokasi Kelima Planet

Mengutip Laman Starwalk Jumat, 16 Juni 2023, Anda dapat melihat fenomena ini sekitar satu jam sebelum matahari terbit. Di sebelah timur, akan ada sebuah objek terang di dekat cakrawala. Ini merupakan Jupiter.

Baca Juga: 

Jupiter disebut akan menjadi yang paling terang dari lima planet dan paling mudah dikenali. Karenanya, keberadaan Jupiter adalah sesuatu yang tak bisa dilewatkan.

Sedikit di bagian atas, Anda bisa melihat keberadaan  Saturnus di cakrawala tenggara. Ini akan tampak lebih redup dan lebih kecil dari Jupiter, Namun, Planet ini masih bisaterlihat dengan mata telanjang.

Momen terbaik Anda berikutnya adalah menemukan Merkurius. Planet terdekat dari matahari ini akan berada di bawah dan di sebelah kiri Jupiter, tepat di atas cakrawala, antara cakrawala timur dan timur laut.

Dua planet terakhir, Neptunus dan Uranus, tidak hanya terjauh dari Bumi. Dua planet tersebut juga merupakan yang paling redup di langit.

Jika langit yang sangat cerah tanpa polusi cahaya, Anda mungkin memerlukan teropong atau teleskop untuk melihat keduanya.

Neptunus akan berada di tengah-tengah antara Jupiter dan Saturnus, dan Uranus akan berada di tengah-tengah antara Jupiter dan Merkurius.

Jadi jika Anda mengikuti, planet-planet akan berbaris melintasi langit dari terendah ke tertinggi, dengan urutannya adalah Merkurius, Uranus, Jupiter, Neptunus, dan terakhir, Saturnus.

Hanya Tampak dari Bumi

Sejajarnya lima planet rupanya hanya terjadi dan dilihat dari bumi. Artinya, kelima planet itu tak benar-benar sejajar di luar angkasa.

Sebaliknya, itu adalah fenomena visual saat kita bisa melihat planet-planet saling berdekatan di bagian kecil langit.

Baca Juga: .

Namun demikian, keselarasan ini indah dan langka. Penyelarasan lima planet berikutnya, menurut Star Walk, tidak akan terjadi hingga 8 September 2040.

Mengutip Star Walk, penyelarasan planet adalah ketika beberapa planet muncul di langit Bumi di sisi matahari yang sama pada waktu yang sama.

Meski begitu, fenomena planet selaras ini merupakan hal yang Indah dan langka. Star Walk mengatakan bahwa fenomena ini tak akan terjadi lagi hingga 8 September 2040.  

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rizky C. Septania pada 16 Jun 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Tags planetBagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories