Mau Hapus Akun Threads Anda? Lakukan Langkah Ini

Ini Cara Mudah Hapus Akun Threads, Mau Coba? (Instagram)

MAKASSARINSIGHT.com - Baru saja tepatnya tanggal 6 Juli 2023 lalu Meta meluncurkan Threads. Tampaknya Threads menjadi pesaing dari media sosial yang saat ini menjadi sumber kekecewaan pengguna yaitu Twitter.

Meski belum pasti apakah aplikasi ini dapat melampaui popularitas Twitter, hal ini merupakan awal yang baik bagi Threads karena aplikasi tersebut mampu meraih lebih dari 10 juta pendaftar hanya dalam waktu tujuh jam usai dirilis untuk publik.

Apa Itu Threads?

Apa itu Threads?

Threads adalah aplikasi baru yang dirilis oleh Meta, perusahaan induk dari Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Dari segi fungsi dan desainnya, aplikasi ini mirip dengan Twitter, dengan feeds postingan berbasis teks meski pengguna tetap bisa memposting foto dan video.

Baca Juga: 

Threads memiliki visi untuk mengambil yang terbaik dari Instagram dan mengembangkannya menjadi postingan berbasis teks sehingga mampu menciptakan ruang yang positif dan kreatif untuk mengekspresikan ide-ide pengguna.

Threads dengan cepat menjadi sensasi dan banyak pengguna mencoba aplikasi tersebut untuk mengenal dan mengetahui cara kerjanya. Beberapa pengguna meyakini bahwa orang-orang akan meninggalkan Twitter demi menggunakan Threads.

Akan tetapi, tidak jarang juga pengguna merasakan pengalaman negatif ketika menggunakan Threads. Setelah beberapa jam mencoba Threads, beberapa pengguna memilih untuk menghapus akun secara permanen. Namun, mereka justru menyadari bahwa menghapus akun Threads juga membuat akun Instagram mereka terhapus.

Menurut disclaimer yang terdapat pada Pusat Bantuan dari aplikasi Threads, pengguna dapat menghapus postingan atau menonaktifkan sementara akun Threads mereka. Itu artinya jika pengguna ingin melakukannya maka postingan pengguna tidak akan terlihat oleh pengguna lain sampai mereka memilih untuk mengaktifkan kembali akun Threads mereka. Meski begitu, ternyata untuk menghapus profil dan data akun pengguna secara permanen, pengguna juga harus menghapus akun Instagram mereka. 

Namun tampaknya sudah ada update mengenai permasalahan delete akun Threads ini. Setelah menerima feedback pengguna atas keputusan Threads, Head of Instagram, Adam Mosseri mengklarifikasi cara kerja penghapusan akun. Ia mengatakan bahwa pengguna dapat menonaktifkan akun Threads mereka untuk menyembunyikan profil dan konten serta menyetel profil menjadi privat atau menghapus semua kiriman Threads tanpa harus menghapus akun Instagram mereka. Akan tetapi, saat ini Threads dan Instagram semuanya adalah satu akun, jadi menghapus salah satunya akan menghapus akun lainnya. Adam Mosseri juga menambahkan bahwa perusahaan sedang mencari cara untuk menghapus akun Threads secara terpisah.

Adam Mosseri mengklarifikasi cara kerja penghapusan akun

Cara Delete Akun Threads

Cara delete akun Threads

Karena sekarang pengguna masih tidak bisa menghapus akun Threads tanpa menghapus akun Instagram, Anda bisa mencoba alternatif lainnya yaitu dengan menonaktifkan akun Threads. Berikut caranya.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk delete atau hapus akun Threads. Selamat mencoba!

Baca Juga: 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 10 Jul 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories