Makassar Masuk Dalam Daftar Kota Pintar di Dunia, Urutan 114

Makassar

MAKASSARINSIGHT.com - Makassar bersama Jakarta masuk dalam daftar kota pintar atau smart city dunia. The Smart City Observatory, bagian dari IMD World Competitiveness Center, merilis Smart City Index (SCI). Dari total 141 kota yang diteliti, Jakarta berada di urutan ke-102, sedangkan Makassar di urutan ke-114.

Jakarta dianggap layak berada dalam daftar berkat sejumlah temuan kunci berupa ketersediaan layanan medis, akses ke pendidikan berkualitas, dan penciptaan lapangan kerja baru.

Sementara Makassar dinilai memiliki rapor baru untuk beberapa area seperti, akses informasi terhadap keputusan pemerintah daerah, kemampuan mengatur janji temu medis secara online dan kemudahan penggunaan angkutan umum berkat penjualan tiket dan penjadwalan secara online.

Baca Juga: 

Kendati cukup membanggakan, SCI memberikan beberapa catatan khusus terhadap Jakarta dan Makassar perihal prioritas yang perlu diperhatikan.

Jakarta perlu lebih memperhatikan polusi udara, kemacetan dan korupsi. Kemudian Makassar memiliki 'pekerjaan rumah' berupa pengangguran, kemacetan dan korupsi.

Selain Jakarta dan Makassar, sejumlah kota di Asia masuk dalam daftar. Bahkan beberapa kota disebut 'juara super'. Ada sebanyak enam kota yang terus menunjukkan perkembangan baik sejak 2019 yakni, Zurich, Oslo, Singapura, Beijing, Seoul dan Hong Kong.

Zurich menempati posisi teratas dalam daftar. Namun Anda tak boleh meremehkan Singapura yang mempertahankan posisi ke-7 dalam tiga tahun berturut-turut.

Baca Juga: 

Bruno Lanvin, Presiden SCI, menuturkan lanskap global kota pintar sedang berubah.

"Kota-kota dan para pemimpinnya semakin terlihat di panggung internasional, dan warga semakin menghargai inklusi dan keragaman di tempat mereka hidup," kata Lanvin seperti dikutip dari rilis media yang diterima CNNIndonesia. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories