Latihan Ketahanan Seperti Angkat Beban Bikin Awet Muda

Ilustrasi angkat beban (unsplash.com/@victorfreitas)

MAKASARINSIGHT.com - Olahraga sudah dipercaya dari dahulu baik untuk kesehatan. Olahraga secara teratur dipercaya dapat memberikan manfaat kesehatan untuk penuaan. Studi terbaru menyebutkan latihan ketahanan seperti angkat beban dan latihan kekuatan dapat memberikan efek awet muda berkat efek peremajaan kulit.

Melansir Health News, dalam penelitian yang diterbitkan di Scientific Reports pada 23 Juni 2023, para peneliti membandingkan dampak olahraga aerobik dan latihan ketahanan terhadap proses penuaan kulit pada 56 wanita Jepang paruh baya yang sehat tetapi tidak aktif. 

Para peserta penelitian diberikan program pelatihan selama 16 minggu yang diawasi pelatih bersertifikat. Program tersebut mencakup dua sesi latihan setiap minggunya dengan satu kelompok mengikuti olahraga aerobik, sementara kelompok lainnya diberikan latihan ketahanan.

Penelitian tersebut menemukan bahwa kedua latihan tersebut memiliki kemampuan meningkatkan elastisitas kulit serta struktur lapisan atas kulit. Namun, latihan ketahanan memiliki keunggulan yaitu diketahui dapat meningkatkan ketebalan kulit, yang kemudian dikaitkan dengan peningkatan ekspresi gen yang berkaitan dengan proteoglikan, termasuk protein biglycan (BGN). Proteoglikan sendiri memiliki kemampuan untuk mendukung kekencangan kulit.

Baca Juga: 

Selain itu, analisis darah para peserta menunjukkan latihan ketahanan dapat menurunkan kadar molekul sirkulasi seperti CCL28, N, N-dimethylglycine, dan CXCL4. Molekul-molekul tersebut dipercaya berkontribusi pada penekanan ekspresi protein BGN.

Namun harus diingat walaupun penelitian ini memberikan temuan yang mengindikasikan bahwa latihan ketahanan seperti angkat beban dapat menjadi cara agar awet muda yang efektif, tetapi durasi penelitian yang dilakukan hanya 16 minggu yang berarti cukup singkat serta dengan jumlah peserta yang terbatas. Selain itu, penelitian ini tidak menggunakan kelompok kontrol untuk membandingkan efek olahraga aerobik dan ketahanan dengan kondisi tanpa melakukan olahraga.

Walau demikian, olahraga tetap mempunyai manfaat yang besar untuk menjaga kesehatan kulit dengan meningkatkan sirkulasi darah. Oleh karena itu, berolahraga dan tetap melindungi kulit dari sinar matahari, menghindari merokok, serta mengonsumsi makanan sehat dapat menjadi strategi efektif dalam mencegah penuaan dini pada kulit.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 14 Aug 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories