Kontrak Belum Usai di Timnas, STY Ngaku Dapat Tawaran Melatih Negara Lain

Shin Tae Yong pelatih Timnas Indonesia. (PSSI)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA—Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong (STY) mengaku mendapat tawaran melatih negara lain belum lama ini. Meski demikian, pelatih asal Korea Selatan itu belum menjawab tegas soal tawaran tersebut. 

STY diketahui memiliki kontrak di Timnas hingga Juni 2024. Ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar, 15 April-3 Mei 2024, disebut akan menjadi penentu nasib perpanjangan kontrak STY bersama Tim Garuda. Namun sebagian publik mendesak agar sang pelatih diperpanjang kontraknya segera.

Hal itu usai STY mampu mencetak sejarah dengan mengantar Timnas menembus babak 16 besar Piala Asia 2023. “Saya mendapat tawaran [negara lain] sekitar sepekan lalu,” ujar Shin dalam wawancara dengan media Korea Selatan, Sports Kyunghyang, dikutip Selasa 30 Januari 2024. 

Baca Juga: 

STY tak memastikan apakah tawaran itu datang dari negara mana. Namun dia secara tersirat menyebut tawaran itu datang dari negara di luar Asia Tenggara. “Saya tidak bisa melatih lagi di Asia Tenggara [selain Indonesia],” ujarnya.

Sang pelatih sendiri tampaknya berharap masa kerjanya di Timnas dapat lebih lama lagi. Beberapa hari lalu STY mengungkapkan bahwa dia sudah telanjur nyaman bersama Timnas. Hal itu tak lepas dari dukungan setia para suporter. “Bekerja di Indonesia karena ada dukungan dari para fans. Saya merasa lebih nyaman,” kata Shin.

STY bisa dibilang meraih hasil cukup impresif sejak dipercaya menjadi pelatih Timnas Indonesia pada 2020. Meski belum pernah merebut gelar juara, pelatih 53 tahun itu mampu mencetak sejarah bersama Tim Garuda.

Mantan pelatih timnas Korea Selatan itu membawa Indonesia lolos ke Piala Asia untuk kali pertama sejak 2007. Selain itu Shin Tae Yong membawa Timnas Indonesia untuk kali pertama lolos ke 16 besar Piala Asia. Rasio kemenangannya sendiri mencapai 47%. 

Baca Juga: 

Selanjutnya, Shin Tae Yong memiliki target membawa Timnas lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. “Saya pikir hal itu bisa diraih. Masih ada tiga pertandingan kandang Kualifikasi Piala Dunia. Jadwalnya tidak terlalu buruk,” ujarnya.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Chrisna Chanis Cara pada 30 Jan 2024 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories