Kenapa Begadang Bisa Bikin Badan Gemuk? Simak Penjelasannya

Ketut Subiyanto (pexels.com)

MAKASSARINSIGHT.com - Tidur adalah kebutuhan setiap manusia dan juga merupakan istirahat terbaik bagi tubuh yang dapat mengembalikan energi. 

Tidur yang berkualitas selain dapat menjaga kesehatan fisik, emosional dan mental, juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, konsentrasi hingga produktivitas.

Lalu apa yang akan terjadi jika manusia memiliki waktu tidur yang kurang hingga harus begadang? 

Baca Juga: 

Sleep Specialist Vishal Dasani dalam wawancaranya di podcast Thirty Days of Lunch menjelaskan bahwa begadang dapat membuat seseorang menjadi gemuk. Bagaimana ini bisa terjadi?

Ternyata begadang atau kurang tidur dapat meningkatkan frekuensi kita mencari makanan dan biasanya makanan yang tersedia di malam hari adalah makanan instan. Itulah yang menyebabkan seseorang mengalami kenaikan berat badan ketika begadang.

Selain itu saat kita mengalami kondisi kurang tidur hormon grelin dalam tubuh kita naik sebanyak 28% dan hormon leptin menurun sebanyak 18%. 

Baca Juga: 

Hormon grelin adalah hormon yang memicu rasa lapar sedangkan hormon leptin adalah hormon yang memicu rasa kenyang. Itulah mengapa saat kurang tidur seseorang menjadi mudah lapar dan susah merasa kenyang.

Penyebab terakhir begadang membuat seseorang gemuk adalah aktivitas manusia dengan tingkat pembakaran kalori paling rendah adalah tidur.

Nah itu tadi alasan mengapa kurang tidur dapat membuat Anda gemuk. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 08 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories