Inilah Daftar Terbaru Maskapai Terbaik di Dunia, Bagaimana Garuda?

Singapore Airlines (Singapore Airlines)

MAKASSARINSIGHT.com, LONDON - Organisasi pemeringkat transportasi udara Internasional, Skytrax, pada Juni 2023 lalu umumkan Singapore Airlines sebagai maskapai terbaik di dunia. 

Melansir situs resmi Skytrax, kesuksesan Singapore Airlines didorong oleh dedikasi perusahaan pada pelayanan pelanggan, menyuguhkan makanan yang istimewa untuk penumpang. 

Maskapai negeri Singapura tersebut juga menawarkan sistem hiburan dalam penerbangan yang canggih dengan menawarkan berbagai pilihan film, musik serta permainan di pesawat untuk semua kelas layanan. Bersama dengan lini bisnis maskapai penerbangan murahnya, Scoot, maskapai ini menghubungkan lebih dari 110 tujuan dengan armada lebih dari 180 pesawat.

Dengan penghargaan ini, Singapore Airlines kembali mengambil predikat sebagai maskapai terbaik di dunia setelah terakhir didapatkan pada 2018 silam. Setelah itu, dari 2019 hingga 2022 predikat tersebut diambil oleh maskapai penerbangan nasional milik Qatar, Qatar Airways. 

Baca Juga: 

Maskapai tersebut melayani lebih dari 150 tujuan di seluruh dunia, dengan armada yang berjumlah lebih dari 200 pesawat. Maskapai ini melayani penerbangan ke berbagai benua seperti Australia, Asia, Eropa, Timur Tengah, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

Pada 2023 sendiri urutan lima besar maskapai terbaik seluruhnya dipegang oleh maskapai asal Asia. Pada urutan kedua sebagai maskapai terbaik di dunia disandang oleh Qatar Airways yang turun peringkat dari urutan pertama. 

Urutan ketiga ditempati oleh maskapai nasional Jepang, ANA All Nippon Airways yang naik dari peringkat tahun lalu berada pada urutan keempat. Urutan keempat terbaik adalah maskapai asal Uni Emirat Arab, Emirates yang sebelumnya berada di peringkat ketiga. Sedangkan peringkat kelima diduduki oleh maskapai asal Jepang, Japan Airlines yang tahun lalu menempati peringkat keenam.

Lalu berada di peringkat berapa maskapai kebanggan Indonesia yang juga menjadi salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Garuda Indonesia?

Pada tahun 2023 ini, Garuda Indonesia mengalami peningkatan peringkat sebagai maskapai terbaik di dunia. Garuda Indonesia menempati peringkat 30 dari pada tahun sebelumnya berapa di peringkat 31. 

Baca Juga: 

Garuda Indonesia berada di atas sejumlah maskapai dari Asia Tenggara seperti AirAsia yang mengalami penurunan dari peringkat 27 pada tahun lalu menjadi peringkat 31, Thai Airways yang berada di peringkat 40, Vietnam Airlines yang berada di peringkat 44, Malaysia Airlines yang berada di peringkat 47, Royal Brunei Airlines yang berada di peringkat 66, dan Philippine Airlines yang berada di peringkat 80. 

Penghargaan bertajuk World Airline Awards sendiri telah berlangsung dari 1999 yang kemudian dianggap sebagai penghargaan paling bergengsi di industri penerbangan. Skytrax mengklaim penghargaan ini menjadi yang sepenuhnya independen dengan semua operasionalnya mulai dari survei pelanggan hingga acara penghargaan dibiayai sendiri oleh perusahaan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 28 Aug 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories