Ini Penyebab Kinerja Ponsel Anda Melambat, Cek

5 Penyebab yang Bikin Ponsel Jadi Makin Lemot (Pexels.com/Castorly Stock)

MAKASSARINSIGHT.com - Kinerja smartphone yang lambat atau lemot mungkin akan membuat kita jadi jengkel. Anda mungkin juga akan semakin lelah dan muak serta bertanya-tanya mengapa ponsel jadi semakin lambat.

Ternyata, ponsel yang bekerja secara lambat tidak selalu menjadi salah satu tanda bahwa sudah waktunya bagi Anda untuk membeli ponsel baru. Hal ini bisa disebabkan karena berbagai faktor termasuk ruang penyimpanan atau koneksi internet yang lambat.

Oleh karena itu, sebelum Anda terburu-buru membeli ponsel baru, Anda bisa mencoba mengetahui beberapa penyebab ponsel jadi makin lambat atau lemot berikut ini.

Baca Juga:

Penyebab Ponsel Lemot atau Lambat

1. Ruang Penyimpanan atau Storage Tinggal Sedikit

Jika ponsel Anda digunakan untuk mengunduh dan menyimpan terlalu banyak file foto, video, podcast, dan game, maka hal ini akan menghabiskan memori ponsel. Tidak hanya itu, kebiasaan tersebut juga dapat membebani CPU sehingga proses running aplikasi di ponsel jadi berjalan lambat. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba untuk menghapus file tidak penting agar ruang penyimpanan ponsel masih tersisa banyak.

2. Koneksi Internet Buruk

Jika ponsel bekerja lebih lambat daripada biasanya dan Anda tersambung ke Wi-Fi publik atau gratis, maka Anda bisa mencoba untuk memeriksa kekuatan sinyal jaringan. Sambungan internet yang buruk dapat menyebabkan kinerja ponsel jadi lambat saat ponsel harus merefresh aplikasi dan halaman web.

3. Sistem Operasi Ponsel Sudah Usang

Jika Anda tidak pernah memperbarui sistem operasi ponsel, bisa jadi ponsel Anda makin lemot atau lambat. Oleh karena itu, segeralah untuk memperbarui sistem operasi ponsel.

Pembaruan sistem operasi biasanya akan memberikan perbaikan atas masalah atau bug yang dapat memperlambat kinerja ponsel serta meningkatkan fungsi pemrosesan ponsel agar lebih cepat. Selain itu, jika Anda menunda pembaruan sistem operasi, itu artinya Anda mempersingkat masa pakai ponsel.

Baca Juga: 

4. Memasang Terlalu Banyak Aplikasi

Menginstal aplikasi terlalu banyak atau memasang aplikasi yang tidak diperlukan lagi dapat menghabiskan ruang penyimpanan dan memperlambat kinerja ponsel Anda. Bahkan, jika Anda sudah melakukan uninstall aplikasi tersebut, sisa data mungkin masih terdapat di ponsel jika Anda tidak mengambil langkah yang tepat. 

5. Baterai Ponsel Sudah Tua

Ponsel cerdas tertentu seperti iPhone bisa jadi lebih lambat jika baterainya sudah tua atau keluaran versi lama. Baterai yang lebih tua akan menyebabkan sistem operasi berjalan lebih lambat.

Itu tadi beberapa penyebab mengapa ponsel Anda jadi makin lambat atau lemot.

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories