Ini Jenis Tanaman yang Dapat Menyerap Polusi Udara

Nampak karyawan tengah melakukan perawatan tanaman di sebuah pusat pengembangan tanaman hias di kawasan Cijeruk Kabupaten Bogor Jawa Barat, Selasa 17 Januari 2023. (Foto : Panji Asmoro/TrenAsia)

MAKASSAINSIGHT.com - Berita soal polusi udara pada akhir-akhir ini seringkali muncul ke permukaan. Bukan tanpa sebab, adanya musim kemarau yang panjang serta keberadaann industri ataupun hasil emisi kendaraan bermotor ditengarai menjadi sebab terjadinya polusi udara. 

Terdapat berbagai cara untuk mengurangi polusi udara, salah satunya dengan penghijauan. Berikut ulasan soal tanaman yang dapat menyerap polusi udara. Sejumlah tanaman mudah didapatkan di toko tanaman terdekat. 

Sri Rejeki (Aglaonema modestum)

Tanaman Sri Rejeki merupakan tanaman hias yang keberadaannya mudah untuk ditemui. Sri Rejeki memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menyaring racun pada udara seperti seperti benzena dan formaldehida seperti dikutip dari laman Pustaka Setjen Pertanian, Rabu 27 September 2023. 

Baca Juga: 

Pembibitan dan pengembangbiakan tanaman ini juga cukup mudah. Pasalnya Sri Rejeki dapat dibibitkan melalui cara pemotongan tanaman induk, setek batang, dan cangkok. Media tanamnya pun juga mudah ditemui seperti tanah kebun, tanah humus, dan pasir.

Puring (Codiaeum variegatum)

Tanaman hias selanjutnya yang mampu menyerap polusi udara ialah Puring. Meskipun sebagai tanaman hias, Puring mampu untuk menyerap gas beracun dengan berbagai kapasitas rendah hingga sedang. Daunnya merupakan yang terbaik dalam menyerap unsur timbal yang dihasilkan dari asap kendaraan bermotor.

Sama seperti halnya Sri Rejeki, Puring juga mudah dikembangbiakkan. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan melalui cara pemotongan tanaman induk, setek batang, dan cangkok. Media tanamnya pun juga mudah ditemui seperti tanah kebun, tanah humus, dan pasir.

Lili

Selanjutnya tanaman hias yang mampu mengurangi polusi yaitu Lili. Tanaman ini mampu untuk mengurangi racun penyebab kanker pada udara. Lili mampu mendekomposisi benzena, formaldehida, trikloroetilen, dan aseton juga alkohol di udara serta menyerap polutan di udara. 

Berbeda dengan kedua tanaman yang telah disebutkan, Lili berkembang biak secara vegetatif sehingga budidayanya dilakukan dengan pemisahan anakan tanaman tersebut.

Tanaman Keras

Setelah membahas beberapa tanaman hias yang mampu menyerap polusi udara khususnya di dalam ruangan atau indoor, selanjutnya yaitu tanaman keras atau berkayu yang dapat menyerap polusi udara. Umumnya tananam ini merupakan tanaman besar yang berada di luar ruangan.

Terdapat empat pohon besar yang dapat mengurangi kadar karbondioksida (CO2) yaitu Pohon Angsana, Pohon Mangga, Pohon Tanjung, dan Pohon Mahoni seperti dikutip dari laman Institut Teknologi Sepuluh November, Rabu 27 September 2023. Dijelaskan bahwa Pohon Angsana mampu mereduksi emisi gas buang hingga 70% dan sisanya 30% direduksi oleh tanaman perdu.

Baca Juga: 

Dalam buku berjudul Petunjuk Teknis Penanaman Spesies Pohon Penyerap Polutan Udara yang ditulis oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2015 diketahui juga bahwa trembesi merupakan pohon dengan kapasitas daya serap Karbonmonoksida atau CO paling banyak. Tanaman tersebut mampu menyerap 28.448,39Kg/Pohon/tahun.

Tidak hanya trembesi di dalam buku tersebut juga disebutkan tanaman yang dapat mengurangi debu pada udara dan mereduksi polutan. Urutan paling atas terdapat pohon Asam Keranji dengan kemampuan 76,3 gram/meter kubik. Kemudian berturut turut di bawahnya terdapat jenis pohon sonokeling, sengon, mindi, jambu air, dan lain sebagainya.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 29 Sep 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories