KPK Dikabarkan Tetapkan Mentan SYL Jadi Tersangka Korupsi

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Facebook @KementanRI)

MAKASARINSIGHT.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dikabarkan telah ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Meski demikian, Mentan disebut masih berada di luar negeri dan baru akan kembali pada Sabtu 30 September 2023.

Dirinya diketahui sedang menghadiri Konferensi Global tentang Peternakan Berkelanjutan Transformasi di Roma, Italia. Syahrul diketahui menjadi tersangka bersama dengan dua orang terkait lainnya dari Kementerian Pertanian (Kementan). Hingga kabar ini diturunkan, belum terdapat informasi resmi dari KPK. 

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri hanya menjawab diplomatis saat dikonfirmasi soal penetapan tersangka Mentan. Pihaknya mengaku masih mengumpulkan alat bukti untuk pengembangan kasus. NasDem sebagai partai yang menaungi Syahrul pun masih menunggu rilis resmi soal penetapan tersangka kadernya. 

Baca Juga: 

KPK diketauhi telah menggeledah rumah dinas milik Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo yang berada di Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Kamis 28 September 2023. Hal tersebut dibenarkan Ali Fikri. “Benar, ada giat di sana,” ujar Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis 28 September 2023. 

Penggeledahan tersebut berlangsung hingga pagi tadi. Meski demikian belum diketahui lebih detail soal alat bukti yang diamankan. Diketahui, KPK telah mengumumkan penyelidikan terhadap kasus dugaan korupsi di Kementan 14 Juni 2023 lalu. Terkait dugaan korupsi yang dilakukan, KPK belum membeberkannya lebih jelas sebab masih dalam tahap penyelidikan.

Pernah Dipanggil KPK

Mentan Syahrul Yasin Limpo pernah dipanggil oleh Lembaga Antirasuah pada 16 Juni 2023 lalu. Pemanggilan tersebut kaitannya dengan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) yang tengah diselidiki KPK. 

Dalam pemanggilan tersebut Limpo diketahui tidak dapat hadir sebab terdapat agenda negara di mana salah satunya menghadiri forum G20 di India serta beberapa urusan lainnya.

Baca Juga: 

Mentan baru datang memenuhi panggilan KPK pada 19 Juni 2023. Dirinya diperiksa selama 3,5 jam di Gedung ACLC KPK Jalan Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan. Terkait pemanggilan dirinya, Syahrul akan siap datang kembali jika KPK memanggilnya serta bersikap kooperatif dan professional dalam pemeriksaan.

“Saya sudah diperiksa secara profesional. Saya terima kasih, dan saya tetap akan kompromi, akan kooperatif, kapan pun dibutuhkan saya siap hadir,” ujar Mentan Syahrul Yasin Limpo, 19 Juni 2023. Tidak hanya Mentan, KPK juga telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pejabat dan ASN guna dimintai keterangan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 29 Sep 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories