Ini Hal yang Biasanya Menahan Seseorang Mencapai Karier Impian

5 Hal yang Biasanya Menahan Seseorang Mengejar Karier Impian (Unsplash / Gety)

MAKASSAINSIGHT.com - Anda pasti memiliki karier impian yang ingin dicapai. Bagi beberapa orang karier impian tersebut mungkin untuk membantu orang lain seperti merawat orang lain hingga menyelamatkan nyawa contohnya dokter. 

Sementara itu, beberapa yang lain memiliki karier impian yang berhubungan dengan seni, teknologi, bisnis, atau bidang lain yang sesuai dengan minat dan passion mereka. 

Perjalanan untuk mengejar karier impian bisa jadi membuat seseorang sangat bersemangat, namun tak jarang juga orang-orang menyerah pada keinginan tersebut dan memutuskan untuk berhenti mencoba karena putus asa dan ragu dengan diri mereka sendiri. 

Baca Juga: 

Berikut ini Tren Asia merangkum dari laman website resmi Psychology Today pada Minggu, 2 Juli 2023 mengenai 5 hal yang biasanya menahan seseorang untuk mengejar karier impian mereka. 

1. Takut Gagal 

Rasa takut akan kegagalan jika tidak segera diatasi dapat melumpuhkan seseorang yang bahkan paling ambisius sekalipun. Memang benar keluar dari zona nyaman rasanya menakutkan terlebih banyak ketidakpastian yang menyertai. 

Hal ini yang kemudian membuat seseorang tidak pernah benar-benar mengambil langkah untuk mendekatkan diri dengan karier impian mereka. 

2. Ekspektasi dari Orang Lain 

Tekanan dan ekspektasi dari orang lain tentang pilihan karier yang Anda ambil sangat bisa menjadi penghalang Anda untuk mencapainya. Orang lain ini bisa dari keluarga, masyarakat, bahkan media sosial.

Terutama sosial media, terus-menerus scrolling tanpa sadar akan menghabiskan energi Anda dan mengikis kepercayaan diri Anda pada karier impian. 

3. Ketidaksabaran 

Semua hal di dunia ini memerlukan proses. Termasuk kesuksesan Anda mencapai karier impian. Untuk menuju kesana diperlukan kerja keras, kegagalan, juga rasa disiplin yang tinggi. Jadi, jika Anda baru mengirim email lamaran pekerjaan dan berharap segera mendapatkan pekerjaan impian dalam semalam, sebaiknya pertimbangkan ulang pemikiran Anda tersebut. 

4. Meragukan Diri Sendiri 

Meragukan diri dan tidak mampu mempercayai kemampuan diri sendiri dapat menjadi penghalang besar Anda untuk mengejar dan memperoleh karier impian. 

Hal ini sering disebut sebagai impostor syndrome. Impostor syndrome kerap dialami oleh banyak orang sehingga kepercayaan diri mereka dalam menggapai karier impian menjadi terhalang. 

Baca Juga: 

5. Kurangnya Sumber Daya dan Kesempatan 

Terkadang, kita membutuhkan lebih banyak pengetahuan dan yang lebih penting adalah akses ke informasi tersebut. Akses yang terbatas pada sumber daya, bimbingan dan kesempatan dapat menghalangi pintu Anda mencapai karier impian.

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai 5 hal yang biasanya menahan seseorang dalam mengejar karier impian. Semoga bermanfaat! 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 02 Jul 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories