Ini Cara yang Bisa Anda Coba untuk Punya Banyak Teman

Helena Lopez (Pexels.com)

MAKASSARINSIGHT.com – Punya banyak teman tampaknya jadi impian banyak orang. Tak heran, karena banyak hal positif yang bisa dirasakan. 

Dengan punya banyak teman, Anda dapat melakukan banyak aktivitas seru bersama-sama, saling bertukar cerita hingga informasi penting, tak jarang bantuan teman adalah hal pertama yang terlintas di pikiran ketika Anda memiliki masalah dan menemui kesulitan.

Namun bagi sebagian orang menjalin pertemanan dianggap sebagai hal yang susah, momen-momen untuk bertemu teman baru seperti hari pertama masuk sekolah, hari pertama masuk kerja, hingga hari pertama bergabung di komunitas menjadi momen menakutkan alih alih seru. 

Dale Carnegie seorang penulis dan pengajar dari Amerika Serikat dalam buku best sellernya yang berjudul how to win friends and influence people yang telah terjual lebih dari 15 juta kopi di seluruh dunia memberikan beberapa tips agar kamu dapat memiliki banyak teman dan disukai oleh banyak orang berikut beberapa di antaranya 


1. Tersenyum
Senyum hanya membutuhkan waktu sekejap tapi kesan dan memori yang ditinggalkan bertahan selamanya. Tersenyum menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang ramah dan terbuka untuk berteman. Senyuman juga cepat menular sehingga dapat dipastikan lawan bicara akan tersenyum balik kepada Anda.


2. Sebut Nama Lawan Bicara
Nama sangat melekat dengan identitas seseorang. Dengan menyebut nama lawan bicara akan menunjukkan bahwa Anda memperhatikan dan menghargainya sebagai seorang teman. 


3. Jangan Pernah Mengkritik
Sudah menjadi rahasia umum jika menerima kritikan adalah hal yang sulit, beberapa orang bahkan mendefinisikan kritik berlebihan dalam pertemanan adalah tanda pertemanan yang toxic. Hindari mengkritik lawan bicara sebisa mungkin agar Anda tidak dicap sebagai teman yang toxic. 


4. Buat Lawan Bicara Merasa Spesial  dan Penting

Minat utama manusia pada dasarnya adalah diri mereka sendiri. Itulah mengapa sebagian orang sering kali melupakan orang lain dan lebih mementingkan dirinya sendiri. 

Dengan menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik dengan orang lain akan membuat mereka merasa spesial dan penting. Cobalah dengan membahas topik pembicaraan sesuai dengan kesukaan dan minat lawan bicara Anda.


5. Berikan Apresiasi dan Pujian 
Memberikan pujian adalah salah satu cara terbaik untuk mengungkapkan rasa terima kasih. Pujian dan apresiasi memiliki banyak manfaat seperti membuat lawan bicara merasa aman hingga membuat lawan bicara merasa bersemangat untuk memberikan usaha terbaiknya. 


Berikut tadi 5 tips yang dapat membuat Anda memiliki banyak teman. Dari kelima tips tadi tips mana yang sudah Anda praktekkan ?

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 04 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories