Ini Cara Hidup Bahagia, tapi Tetap Hemat

5 Cara Cerdas Hidup Hemat Tapi Tetap Bahagia (Freepik)

MAKASSAINSIGHT.com - Mewujudkan kebahagiaan dalam hidup ternyata tidak selalu harus dengan bermewah-mewahan atau menggunakan banyak uang. Ternyata, menghabiskan lebih sedikit uang juga tidak selalu merupakan hal yang buruk. Bakan, Anda mungkin bisa lebih bahagia tanpa beban keuangan tambahan.

Hidup dengan lebih sedikit pengeluaran akan membantu membebaskan lebih banyak uang untuk ditabung dan bebas dari utang. Anda juga merasakannya dengan menerapkan cara berikut ini.

Cara Hidup Hemat Tapi Tetap Bahagia

Cara hidup bahagia meski hanya mengeluarkan sedikit uang

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda terapkan agar Anda mampu menikmati hidup dengan hidup hemat.

Baca Juga: 

1. Hidup di Rumah Kecil

Rumah yang mungil ternyata tidak selalu bermakna buruk. Rumah yang mungil dan fungsional lebih mudah untuk dibersihkan, lebih sedikit biaya perawatannya, dan ruangan akan terisi dengan lebih cepat. Rumah yang kecil akan membuat Anda berpikir mengenai apa yang Anda beli agar tidak memenuhi rumah Anda dan akhirnya hal itu akan membuat Anda jadi lebih hemat.

Selain itu, dengan lebih sedikit ruangan di rumah, Anda akan menjadi ahli dalam mengoptimalkan penggunaan ruangan di dalam rumah. Selain itu, ketika Anda memiliki ruangan yang lebih kecil, ternyata Anda tetap dapat menciptakan rumah yang nyaman dengan dekorasi dan fitur yang lebih menginspirasi.

2. Sumbangkan Barang Anda

Ketika kita merasa stres, terkadang kita justru membeli barang terlalu banyak. Rasanya, dengan membeli sesuatu, kita akan menjadi bahagia.

Padahal, ketika di rumah barang-barang tersebut hanya Anda tumpuk saja. Jika kebiasaan itu terlalu sering untuk dilakukan, rumah Anda akan menjadi sumber stres dan Anda kewalahan untuk membersihkan serta memilah barang-barang tersebut. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba menyumbangkan beberapa barang yang sudah tidak Anda gunakan lagi setiap beberapa bulan agar rumah Anda tetap bersih dan tidak menimbulkan stres.

3. Jangan Malu Berburu Diskon

Tidak dipungkiri kita masih perlu sesekali membeli barang. Saat waktunya berbelanja, jangan takut atau malu untuk berburu penawaran harga murah dan diskon. 

Anda juga bisa mencoba menggunakan Facebook Marketplace untuk mendapatkan iklan barang-barang bekas yang sebetulnya masih bagus dan bisa Anda gunakan.

4. Nikmati Alam Sepuasnya

Uang ternyata tidak selalu sebagai kunci utama untuk hidup bahagia. Anda bisa hidup dengan uang lebih sedikit tapi tetap bahagia jika fokus Anda untuk merangkul nilai-nilai penting yang ada di kehidupan Anda

Daripada terus menerus belanja untuk memperoleh kebahagiaan, Anda bisa mencoba piknik bersama keluarga di alam bebas atau melakukan bersepeda bersama. Selain menyenangkan, kebiasaan ini tidak memerlukan banyak biaya.

Baca Juga: 

5. Merawat Diri Sendiri

Kesehatan adalah rezeki yang terbesar. Oleh karena itu, penting untuk selalu memprioritaskan kesehatan fisik, mental, dan emosional Anda. Beberapa kegiatan perawatan diri yang bisa Anda lakukan adalah dengan berolahraga, mengonsumsi makanan yang sehat, tidur cukup, dan membaca buku.

Itu tadi beberapa cara agar Anda hidup hemat meski hanya mengeluarkan sedikit uang. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 07 Jul 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories