Ini Benda-benda Aneh Yang Diluncurkan Manusia ke Ruang Angkasa

Sebuah kamera menunjukkan manekin Starman SpaceX dan Tesla Roadster milik Elon Musk saat mereka terbang di atas Bumi/ (SpaceX)

MAKASSARINSIGHT.com - Ruang angkasa menjadi semakin penuh dengan benda-benda buatan manusia. Sebagian besar objek ini  seperti pesawat ruang angkasa yang masih berfungsi, perlengkapan astronot, atau sampah luar angkasa yang mengambang bebas. Tetapi ada juga beberapa benda aneh yang dimasukkan manusia ke luar angkasa  dan itu selalu dengan sengaja.

Dari tulang dinosaurus,  bola disko raksasa, hingga mobil inilah 10 benda teraneh yang dikirim manusia ke luar angkasa dikutip dari Live Science.

1. Mobil Tesla 

Pada 6 Februari 2018, SpaceX meluncurkan Tesla Roadster merah ceri milik pendiri perusahaan Elon Musk ke luar angkasa. Mobil dilengkapi dengan boneka berpakaian antariksa, yang dikenal sebagai "Starman,". Mobil ini menjadi muatan uji di misi perdana roket Falcon Heavy.

Tesla yang membawa Starman pada awalnya dimaksudkan untuk ditempatkan di orbit sekitar Mars, yang memicu kekhawatiran   dapat menjadi ancaman bio potensial yang dapat mencemari planet  jika jatuh ke permukaan. Tapi kendaraan tersebut  melampaui Planet Merah dan sekarang terjebak dalam orbit mengelilingi matahari, yang membutuhkan waktu sekitar 557 hari untuk menyelesaikannya.

Baca Juga: 

Pada Mei 2023, Tesla telah menyelesaikan sekitar 3,4 orbit mengelilingi matahari dan menempuh jarak lebih dari 2 4 miliar kilometer.  Starman telah lama berhenti mengirimkan gambar kembali ke Bumi, tetapi para astronom memperkirakan bahwa penumpang dan mobil kemungkinan besar akan mengalami kerusakan yang signifikan.

Situs pengujian di Navada digunakan selama Operasi Plumbbob/  NNSA

2. Penutup Lubang Uji Nuklir

Antara 28 Mei dan 7 Oktober 1957, militer Amerika melakukan serangkaian uji coba nuklir di gurun Nevada dalam sebuah proyek yang dikenal sebagai Operasi Plumbbob. Tes tersebut mencakup 29 ledakan nuklir, dua di antaranya, yang dikenal sebagai Pascal-A dan Pascal-B yang ,dilakukan di bawah tanah.

Pascal-A dilakukan pada 26 Juli 1957. Sebuah bom atom meledak di dasar lubang sedalam  152 meter. Kekuatan ledakan  menghempaskan lubang penutup pemeliharaan ke langit.  Robert Brownlee, ahli astrofisika di Laboratorium Nasional Los Alamos di New Mexico dan ilmuwan utama tes Pascal sebelum kematiannya pada tahun 2018 memperkirakan  penutup akan mendarat kembali di Bumi, tetapi tidak pernah terjadi.

Untuk menguji lebih lanjut apa yang terjadi pada lubang perawatan, Brownlee mengulangi percobaan pada 27 Agustus 1957. Kali ini, untuk Pascal-B, Brownlee merekam percobaan dengan kamera yang memotret satu frame per milidetik. Ini untuk mengungkapkan penutup bisa mencapai kecepatan tertinggi  201.000 km/jam. Kecepatan itu sekitar lima kali kecepatan lepas Bumi, menunjukkan bahwa kedua penutup lubang pemeliharaan kemungkinan besar berhasil mencapai luar angkasa. Itu juga membuat lingkaran baja menjadi kandidat objek buatan manusia tercepat yang pernah dibuat.

3. Rambut Para Presiden Amerika

Pada Hari Presiden 2023 (20 Februari), Celestis, sebuah perusahaan yang berbasis di Texas yang berspesialisasi dalam penguburan luar angkasa, mengumumkan bahwa mereka akan meletakkan kunci rambut mantan presiden di atas misi "Enterprise" yang akan datang, yang dijadwalkan akan diluncurkan dari Tanjung Canaveral, Florida.

Sampel rambut yang diverifikasi secara genetis dari George Washington, John F. Kennedy, Dwight D. Eisenhower, dan Ronald Reagan akan dimasukkan ke dalam pesawat ruang angkasa Enterprise, bersama dengan jenazah lainnya. Termasuk beberapa jenazah pencipta "Star Trek" Gene Roddenberry yang telah dikremasi dan  sebagian abunya telah diangkut ke luar angkasa dengan penerbangan pertama Celestis pada tahun 1997. Pesawat ruang angkasa pada akhirnya akan berakhir di luar jangkauan tata surya.

The Humanity Star sebelum dikirim ke ruang angkasa/ Rocket Lab
 

4. Bola Disko Raksasa

Pada 21 Januari 2018, produsen kedirgantaraan Amerika Rocket Lab diam-diam meluncurkan cermin multisisi besar ke luar angkasa dengan salah satu penerbangan uji perusahaan.

Objek yang dijuluki " Humanity Star" itu  memiliki lebar  1 m dan memiliki 65 panel reflektif di permukaannya. Itu dengan cepat berputar di orbit di sekitar Bumi dan memantulkan cukup sinar matahari ke permukaan Bumi untuk dapat dilihat dengan mata telanjang. Satelit yang mengkilap itu dirancang untuk menjadi "simbol terang dan pengingat bagi semua orang di Bumi tentang tempat kita yang rapuh di alam semesta."

Namun, waktu bola disko raksasa di luar angkasa berumur pendek. Benda memasuki kembali atmosfer Bumi pada 22 Maret, dua bulan setelah diluncurkan dan sekitar tujuh bulan lebih awal dari yang diharapkan.

Baca Juga: 

Humanity Star bukanlah bola disko pertama yang diluncurkan ke luar angkasa. Proyek Starshine, yang dijalankan oleh Laboratorium Penelitian Angkatan Laut Amerika, meluncurkan tiga objek serupa ke luar angkasa antara tahun 1999 dan 2001 yang masing-masing berada di orbit selama lebih dari setahun; Jepang juga meluncurkan satelit yang tertutup cermin, yang disebut Ajisai pada Agustus 1986, yang masih berada di orbit Bumi hingga saat ini.

Astronot Jepang Satoshi Furukawa dengan model ISS-nya pada tahun 2012/ NASA

5. Lego

Lego memiliki sejarah panjang dengan luar angkasa. Kit bangunan dapat membantu anak muda (dan yang berjiwa muda) membuat replika roket. Tapi potongan-potongan plastik yang terkenal itu juga telah sampai ke luar angkasa.

Pada tahun 2012, astronot Jepang Satoshi Furukawa membangun Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dengan lego selama dia tinggal di stasiun tersebut. Butuh waktu lebih dari dua jam untuk membangun model.

Pada 2019 perusahaan Lego juga mengirimkan model pangkalan bulan konseptual masa depan ke batas ruang angkasa dengan menempelkannya ke balon khusus.

Selain itu, ada tiga patung Lego khusus yang saat ini mengitari Jupiter di atas wahana Juno NASA yang diluncurkan pada 2011. Patung-patung tersebut menggambarkan dewa Romawi Juno dan Jupiter, serta Galileo Galilei, yang menemukan empat bulan terbesar Jupiter.

Kerangka Dromaeosaurus yang berasal dari 75 juta tahun yang lalu/ Canadian Museum of Nature

6. Tulang Dinosaurus

Pada 20 Mei 2021, perusahaan Blue Origin milik Jeff Bezos meluncurkan hampir 200 fragmen tulang dinosaurus  pada roket New Shepard. Tulang-belulang itu, yang berasal dari antara 66 juta hingga 70 juta tahun yang lalu kemungkinan milik Dromaeosaurus. Raptor  mirip burung dengan panjang sekitar  2 m dan tinggi  0,6 m. Tulang-tulang itu dilelang sekembalinya ke Bumi untuk mengumpulkan uang amal.

Namun pecahan ini bukanlah tulang dinosaurus pertama yang dikirim ke luar angkasa. Pada tahun 1985, sepotong tulang belakang dan cangkang telur dari bayi Maiasaura diterbangkan dengan pesawat ulang-alik Challenger milik NASA. Dan pada tahun 1998, tengkorak Coelophysis berusia 210 juta tahun terbang di pesawat ulang-alik Endeavour penerus Challenger. Bagian dari Tyrannosaurus rex juga diluncurkan pada penerbangan uji pertama pesawat ruang angkasa Orion NASA pada tahun 2014.

Tardigrade dilihat di bawah mikroskop/ Nature in Stock 

7. Tardigrade

Banyak hewan yang berbeda telah dikirim ke luar angkasa. Beberapa di antaranya mungkin sudah Anda ketahui, seperti anjing, kera, monyet, dan hewan pengerat. Tetapi banyak makhluk lain yang berhasil mencapai luar angkasa, termasuk kucing, katak, lalat buah, kura-kura, ikan, dan ubur-ubur.

Namun hewan paling aneh yang dikirim ke luar angkasa bisa dibilang tardigrades yang juga dikenal sebagai beruang air. Binatang ini  terkenal mampu bertahan dalam kondisi ekstrem. Pada tahun 2007, mereka juga menjadi hewan pertama yang selamat dari paparan langsung ke luar angkasa ketika mereka diikat ke luar pesawat ruang angkasa Foton-M3 Rusia saat mengorbit Bumi selama 12 hari.

Sebuah makalah tindak lanjut, yang diterbitkan tahun 2008 dalam jurnal Current Biology, mengungkapkan bahwa 68% tardigrades berhasil bertahan hidup dari paparan langsung ke luar angkasa meskipun sangat dingin, dehidrasi, dan dibombardir oleh radiasi kosmik.

Astronot Scott Kelly mengenakan setelan gorila di ISS./  NASA

8. Baju gorila

Pada tahun 2016, pensiunan astronot dan Senator Amerika saat ini Mark Kelly menyelundupkan setelan gorila saat dia tinggal di ISS. Ini menghasilkan video viral, Astronot Scott Kelly  menggunakannya mengejutkan serta mengejar astronot Inggris Tim Peake melalui modul ISS (meskipun Peake kemudian mengaku ikut bercanda).

Mark Kelly awalnya mencoba menyelundupkan setelan gorila ke Scott pada tahun 2015, tetapi roket SpaceX Falcon 9 yang membawanya meledak tidak  lama setelah lepas landas.

Pizza Hut juga memasang logonya di beberapa roket Rusia di awal tahun 2000-an/  NASA

9. Pengiriman Piza

Pada tahun 2001, Pizza Hut menjadi perusahaan pertama yang mengirimkan makanan ke luar angkasa. Mereka  mengirim pizza ke ISS dengan roket pasokan. Penerima pizza tersebut adalah Yuri Usachov, yang difilmkan memakan makanan  tersebut bersama kosmonot Rusia lainnya.

Pengiriman yang memecahkan rekor adalah taktik pemasaran yang akhirnya  merugikan perusahaan lebih dari US$1 juta ($1,7 juta dalam dolar hari ini). Tetapi koki yang memasak pizza masih harus membuat beberapa pertimbangan khusus untuk perjalanannya yang tidak biasa seperti bumbu tambahan ditambahkan ke makanan karena astronot dapat kehilangan indera perasa di luar angkasa.

Menariknya, astronot NASA yang berada di ISS pada saat itu dilarang makan pizza karena peraturan ketat badan tersebut tentang sponsor perusahaan.

Pizza bukan satu-satunya makanan yang berhasil dikirim ke ISS. Pada Desember 2021, Uber Eats mengumumkan telah mengirimkan makanan ke ISS melalui pengusaha Jepang dan turis luar angkasa Yusaku Maezawa, yang mengunjungi stasiun tersebut sebentar. Makanan  termasuk makarel berlapis miso dan ayam dengan rebung.

Amelia Earhart berfoto di kokpit Lockheed Electra pada tahun 1937/Wikipedia

10. Jam tangan Amelia Earhart

Amelia Earhart adalah penerbang perintis yang pada tahun 1932 terkenal menjadi wanita pertama yang melintasi Samudra Atlantik sendirian. Dia  mencapai pencapaian penting lainnya serta memecahkan banyak rekor penerbangan. Pilot perintis itu diduga tewas pada tahun 1937, ketika pesawatnya hilang saat dia berusaha mengelilingi dunia. Pesawat dan tubuhnya tidak pernah ditemukan.

Kisah Earhart telah menjadi inspirasi bagi banyak penerbang dan astronot wanita muda, termasuk astronot NASA Shannon Walker, yang membawa jam tangan pribadi Earhart  bersamanya ke ISS pada tahun 2010. Earhart mengenakan jam tangan yang berbeda pada perjalanan terakhirnya yang fatal.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Amirudin Zuhri pada 23 May 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories