Ini 7 Jenis Makanan yang Mampu Mengontrol Gula Darah

Sejumlah pengemudi bus antar kota menjalani pemeriksaan kesehatan di Terminal Kalideres Jakarta Barat. Pemeriksaan tersebut meliputi tensi,urine dan gula darah, Senin 25 April 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia (trenasia.com)

MAKASSRINSIGHT.com - Mengelola gula darah menjadi sangat penting bagi individu yang memiliki diabetes atau berisiko mengalami gangguan metabolisme glukosa. Salah satunya dengan cara diet. Banyak riset menjelaskan dengan cara mengatur sejumlah makanan yang masuk ke lambung dapat mengontrol gula darah.

Menurut medis istilah gula darah yang mengacu pada tingkat glukosa di dalam darah. Konsentrasi gula darah, atau tingkat glukosa serum, diatur dengan ketat di dalam tubuh. Glukosa yang dialirkan melalui darah adalah sumber utama energi untuk sel-sel tubuh.

Umumnya tingkat gula darah bertahan pada batas-batas yang sempit sepanjang hari, yaitu 4-8 mmol/l (70–150 mg/dl). Tingkat ini akan meningkat setelah makan, namun biasanya berada pada level terendah pada pagi hari sebelum makan.

Baca Juga: 

Meski diet dipercaya mampu mengatur jumlah gula darah, penting untuk diingat bahwa setiap individu memiliki respons yang berbeda terhadap makanan, sehingga disarankan untuk berkonsultasi dengan medis. 

Kendati begitu, ada sejumlah makanan yang dipercaya mampu mengatasi gula darah seperti Oatmel dan Kacang-kacangan. Berikut adalah 7 makanan yang dapat membantu dalam pengontrolan gula darah.

1. Oatmeal

Oatmeal kaya akan serat larut yang dapat membantu mengontrol gula darah. Serat membantu melambat penyerapan glukosa, yang mengurangi lonjakan gula darah setelah makan. Pilih oatmeal yang tidak mengandung gula tambahan dan tambahkan buah-buahan segar untuk rasa dan nutrisi tambahan.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti kacang merah, kacang hitam, dan kacang almond, mengandung protein, serat, dan lemak sehat. Makanan ini membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Kacang-kacangan juga mengandung magnesium, mineral yang berperan dalam pengaturan gula darah.

3. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, dan sarden kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak ini dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan, yang keduanya berperan penting dalam pengontrolan gula darah.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli mengandung serat dan sejumlah nutrisi penting. Mereka memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti mereka tidak menyebabkan lonjakan gula darah. Mengonsumsi sayuran hijau dapat memberikan nutrisi tanpa meningkatkan kadar gula darah.

5. Buah-buahan Beri

Buah-buahan beri seperti blueberry, raspberry, dan strawberry mengandung serat, antioksidan, dan vitamin. Serat dalam buah-buahan beri membantu mengendalikan penyerapan gula dan memberikan rasa manis alami tanpa menaikkan gula darah secara signifikan.

Baca Juga: 

6. Yogurt Rendah Lemak

Yogurt rendah lemak merupakan sumber protein yang baik dan dapat membantu mengontrol gula darah. Pilih yogurt tanpa tambahan gula dan nikmati sebagai camilan atau tambahan dalam smoothie.

7. Biji-bijian Utuh seperti Quinoa

Biji-bijian utuh seperti quinoa mengandung serat, protein, dan sejumlah nutrisi penting. Mereka memiliki indeks glikemik rendah dan dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Alvin Pasza Bagaskara pada 17 Oct 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories