iPhone Mahal Anda Cepat Panas? Simak Ini Penyebabnya

Waduh, Inilah 5 Penyebab iPhone Cepat Panas (Freepik)

MAKASSARINSIGHT.com - Saat ini ponsel atau smartphone seperti iPhone menjadi salah satu benda yang perlu dibawa ke mana saja dan kapan saja. Hal ini karena ada banyak hal yang bisa kita lakukan melalui ponsel.

Namun, tentu tidak menyenangkan jika Anda memegang ponsel seperti iPhone dan terasa panas. Lalu mengapa iPhone Anda bisa panas? Ini penjelasannya.

Penyebab iPhone jadi Cepat Panas

Penyebab iPhone Jadi Cepat Panas

iPhone Anda bisa cepat panas karena baterai dan perangkat keras lain di dalamnya menghasilkan panas setiap kali ponsel berfungsi, meski hanya sedang mengisi daya. iPhone sebetulnya dirancang untuk menghilangkan panas, tapi jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan, hal itu tetap bisa membuat iPhone cepat panas.

Jika ponsel terasa sedikit hangat masih bisa dianggap wajar, tapi jika iPhone terasa sangat panas seperti akan meleleh, Anda perlu waspada. Baterai dapat memengaruhi komponen internal di ponsel Anda atau masalah software ponsel dapat membuat prosesor bekerja dengan daya penuh.

Baca Juga: 

Selain itu, ada beberapa alasan lainnya mengapa iPhone Anda menjadi panas, yaitu sebagai berikut.

1. Baterai Rusak

Baterai yang buruk dapat mengeluarkan energi secara tidak teratur. Hal itu mungkin karena baterai bekerja terlalu keras dengan sendirinya meski tidak dibutuhkan, dan panas jelas menjadi salah satu indikasinya. Jika Anda mendapat pemberitahuan bahwa baterai harus diganti, maka itu saatnya Anda memperhatikan peringatan tersebut. Anda juga bisa memeriksa kondisi baterai dengan melihat ke Settings lalu klik Battery.

2. Diletakkan di Bawah Sinar Matahari

Paparan sinar matahari secara langsung dapat meningkatkan suhu udara secara signifikan. Sinar matahari yang langsung mengenai iPhone juga akan membuat iPhone Anda jadi bertambah panas. 

3. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan

Jika banyak aplikasi yang terpasan di iPhone dan banyak yang masih berjalan prosesnya secara bersamaan, hal ini akan membuat iPhone bekerja jadi lebih keras. iPhone yang bekerja keras nantinya juga akan berdampak pada suhu ponsel yang jadi semakin meningkat.

4. Layar Tetap Hidup Dalam Waktu yang Lama

Layar ponsel yang tetap terjaga atau hidup dalam waktu yang lama dapat menguras daya ponsel. Tidak mengherankan jika Anda streaming online menggunakan ponsel seperti iPhone, maka iPhone Anda juga akan semakin panas.

5. Perangkat Lunak Belum Diperbarui

Pembaruan perangkat lunak atau aplikasi dapat memberikan lapisan keamanan yang penting. Jika Anda tidak segera memperbarui perangkat lunak atau aplikasi yang Anda gunakan, bisa jadi aplikasi versi lama tersebut akan membebani prosesor. 

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa penyebab mengapa iPhone jadi cepat panas. Anda perlu segera mengatasi penyebab-penyebab di atas agar masa pakai baterai iPhone tetap awet dan berumur panjang.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 01 Jun 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories