Hingga April APBN Surplus, Pendapatan Negara Melonjak 40,6 Persen

Sri Mulyani APBN Kita April 2023 (Tangkap layar Kemenkeu RI) (Tangkap layar Kemenkeu RI)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang moncer hingga April 2023. Hal tersebut tercermin dari surplus APBN yang mencapai Rp234,7 triliun dari produk domestik bruto (PDB).

Menkeu merinci, untuk pendapatan negara hingga April 2023 mencapai Rp1.000,5  triliun atau tumbuh 40,6% dari APBN. Pendapatan itu berasal dari pajak, bea dan cukai, serta penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

"Jadi dalam empat bulan pertama dari APBN kita, kita mengalami surplus baik di keseimbangan primer maupun total overall balance dari APBN kita," katanya dalam konpers APBN KiTA pada Senin, 22 Mei 2023.

Baca Juga: 

Sementara belanja negara mencapai Rp765 triliun realisasi itu tumbuh 2% secara yoy atau 25% dari target APBN 2023.Di sisi lain, keseimbangan primer juga surplus Rp374,3 triliun. 

Keseimbangan primer sendiri merupakan total pendapatan negara dikurangi belanja negara di luar pembayaran bunga utang. Kawasan Eropa masih terkendala tingkat inflasi tertinggi dan kenaikan suku bunga yang agresif.

Adapun sebelumnya, Sri Mulyani memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I-2023 diprediksi masih bisa menyentuh di atas 5%. Secara keseluruhan, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi di tahun ini bisa di rentang 5,3-5,7%.

Baca Juga: 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Debrinata Rizky pada 22 May 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories