Sering Merasa Cemas Hingga Menimbulkan Stres? Coba Lakukan 4 Langkah Sederhana Ini

4 Langkah Sederhana untuk Meredakan Stres dan Kecemasan (Pexels / Andrea Piacquadio)

MAKASSARINSIGHT.com - Pernahkah Anda merasa begitu stres dan cemas karena permasalahan Anda seperti keuangan, hubungan, dan masa depan?

Kate Thompson, seorang psikoterapis di Tavistock Relationship mengatakan kepada laman resmi Bigissue.com seperti dilansir TrenAsia.com, Selasa, 16 Mei 2023 tentang 4 langkah sederhana untuk meredakan stres dan kecemasan.

1. Cobalah memahami penyebab stres Anda

"Pikirkan tubuhmu seperti termometer, apa yang membuat panas dan tekanan di dalam dirimu meningkat?" kata Thompson. Melalui eksternalisasi perasaan dan melacak kembali ke sumbernya, Anda dapat mengatasi apa yang sebenarnya Anda alami.

2. Merubah gaya hidup

Satu hal yang disetujui oleh semua ahli adalah bahwa tidur yang cukup, olahraga setiap hari, dan makanan yang sehat adalah solusi utama untuk kondisi kesehatan mental Anda yang memburuk.

3. Bersikap lebih baik kepada diri sendiri

Apakah Anda kerap mengkritik diri Anda sendiri dengan kata-kata yang kasar dan melecehkan? Jika iya, maka hentikan sekarang juga.

Selain berhenti berkata kasar dengan diri Anda, Thompson juga menyarankan Anda untuk mengistirahatkan dengan membayangkan otak sedang dalam kondisi online atau offline.

4. Jangan mengisolasi diri dan jangan ragu mencari bantuan kesehatan mental

Orang-orang sering berpikir bahwa mereka tidak dapat berbicara dengan teman mereka tentang masalah mereka karena khawatir akan membebani dan membuat teman mereka merasa bosan.

Padahal seperti yang disampaikan oleh Thompson, berbagi pada apa yang Anda alami dapat membantu Anda menahan perasaan sulit Anda daripada melampiaskannya dengan megonsumsi alkohol dan obat-obatan.

Jika Anda telah mencoba untuk menghubungi teman dan masih merasa tidak nyaman dan lega, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai 4 langkah sederhana untuk meredakan stres dan kecemasan. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 16 May 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories