Hindari Isi Daya Ponsel di 5 Tempat Ini, Anda Bisa Dapat Masalah

Baterai HP Habis? Hindari Isi Daya di 5 Tempat Ini (Freepik)

MAKASARINSIGHT.com - Saat baterai ponsel hampir habis atau bahkan ponsel atau perangkat Anda benar-benar sudah mati, Anda tentu menginginkan untuk segera mengisi daya dengan memanfaatkan berbagai charging station yang ada di berbagai lokasi atau daerah. Akan tetapi, sebelum Anda nekat melakukannya Anda perlu mengetahui risiko yang ditimbulkan.

Tidak ada yang suka jika ponselnya kehabisan daya apalagi ketika Anda sedang tidak berada di rumah. Charging station umum mungkin tampak seperti solusi terbaik untuk memudahkan Anda mengisi daya, akan tetapi menggunakannya ternyata dapat membuat Anda menghadapi masalah tertentu.

Charging station dan perangkat USB dapat dengan mudah dimodifikasi untuk memberikan akses kepada hacker atau penjahat ke telepon Anda, termasuk menginstal suatu software atau aplikasi di ponsel Anda. Oleh karena itu, penting untuk menghindari isi daya baterai ponsel atau perangkat Anda di tempat berikut ini.

Baca Juga: 

Lokasi Pengisian Daya Baterai Ponsel atau Laptop yang Berbahaya dan Harus Diwaspadai

Berikut beberapa lokasi yang harus dihindari untuk mengisi daya baterai ponsel atau perangkat elektronik Anda.

Bandara

Anda tentu mengetahui bahwa bandara memiliki banyak charging station dan tempat di mana Anda bisa meninggalkan ponsel untuk mengisi daya Anda. Akan tetapi, memercayai perangkat yang tidak dikenal untuk terhubung dengan ponsel Anda juga dapat berbahaya. Umumnya, lokasi di mana orang-orang tidak memikirkan keamanan perangkat mereka atau mungkin sedang terburu-buru adalah tempat di mana orang jahat akan beraksi dan melakukan serangan semacam ini. Namun, jika Anda tetap menggunakan kabel dan colokan sendiri, Anda akan tetap aman.

Stasiun Kereta Api

Ada salah satu metode bernama juice jacking yang bisa dilakukan oleh para hacker untuk mengekstrak data dari ponsel individu menggunakan port USB untuk mengisi daya ponsel korban. Biasanya, penjahat akan mendirikan alat pengisian daya gratis di tempat umum, lalu ketika seseorang menyambungkan ponselnya ke port USB, ponsel akan terisi dayanya tapi data sensitif korban juga ikut tersalin.

Hotel

Port USB pada jam alarm mungkin tampak berguna. Akan tetapi, hal itu dapat dimanfaatkan oleh penjahat. Mereka dapat memanipulasi ponsel atau perangkat Anda bahkan menyedot data dari perangkat hingga memasang malware di perangkat tanpa sepengetahuan Anda.

Tempat Wisata

Ketika ponsel Anda mati saat sedang liburan di tempat wisata, Anda mungkin tergoda untuk menyambungkan ponsel Anda ke salah satu charging station di tempat wisata. Hal ini tidak hanya dapat membahayakan perangkat Anda tapi seseorang bisa juga dapat menyalakan kamera atau mikrofon Anda dari jarak jauh.

Baca Juga:

Mall

Anda juga akan mendapatkan masalah ketika menggunakan charging station yang ada di mall untuk mengisi daya perangkat Anda. Port pengisian daya USB dapat terhubung ke ponsel Anda lalu mengirim daftar kontak, email, dan pesan teks hingga pesan suara, gambar, dan video. Metode itu juga bisa dimanfaatkan untuk menyalin password, data perbankan, kontak pribadi, dan data lain yang disimpan di ponsel Anda.

Itu tadi beberapa lokasi yang sebaiknya Anda hindari ketika Anda ingin mengisi daya ponsel atau perangkat elektronik lainnya, seperti laptop. Ada baiknya jika Anda tetap menggunakan kabel data dan colokan sendiri agar keamanan Anda lebih terjaga.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 31 Aug 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories