Februari 2023, Sulsel Alami Inflasi Sebesar 5,65 Persen

Inflasi

MAKASSARINSIGHT.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel merilis data bulan Februari 2023 terjadi inflasi year on year (yoy) gabungan lima kota di Sulawesi Selatan yakni Bulukumba, Watampone, Makassar, Parepare, dan Palopo sebesar 5,65 persen dengan Indeks Harga Konsumen sebesar 114,861.

"Dari lima kota IHK di Sulawesi Selatan, inflasi yoy tertinggi terjadi di Makassar sebesar 5,72 persen dengan IHK sebesar 114,66 dan inflasi yoy terendah terjadi di Bulukumba sebesar 4,53 dengan IHK sebesar 114,24," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel Suntono dalam rilis resminya.

Deflasi terjadi karena adanya penurunan indeks harga pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 0,60 persen; kelompok transportasi sebesar 0,57 persen; kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,01 persen; kelompok rekreasi, budaya dan olahraga sebesar 0,03 persen. 

Baca Juga: 

Adapun tujuh kelompok pengeluaran lainnya mengalami inflasi yaitu, kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,09 persen; kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,01 persen; kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,11 persen; kelompok kesehatan sebesar 0,06 persen; kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 0,08 persen; dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,14 persen.

Komoditas utama penyumbang inflasi yoy pada Januari 2023, antara lain ensin, beras, angkutan udara, telur ayam ras, rokok kretek filter, kue kering berminyak, minyak goreng, ikan bandeng/ikan bolu, tarif kendaraan roda 2 online, dan ikan cakalang/ikan sisik.

Tingkat inflasi month to month (mtm) Januari 2023 tercatat deflasi -0,22 persen dan tingkat inflasi year to date (ytd) sebesar 0,41 persen.

Di sisi lain, upaya pengendalian inflasi di Sulawesi Selatan mendapat apresiasi dari Bank Indonesia dan DPR RI. Berdasarkan data BPS, inflasi tahunan Sulsel di Februari 2023 tercatat sebesar 5,65 persen secara year on year (yoy). Angka ini menurun dari bulan sebelumnya sebesar 5,83 persen.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo saat memberikan sambutan di acara Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) 2023 di Balai Prajurit Jenderal M Yusuf, Ahad, 5 Maret 2023 menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Andi Sudirman Sulaiman atas pengendalian inflasi di Sulsel.

“Selamat kepada Pak Gubernur dan rekan-rekan mitra strategis dari Sulsel, Sulawesi Selatan ini termasuk yang terbaik dalam pengendalian inflasi, pertumbuhannya juga tinggi, dibandingkan September 2022. Inflasi itu menurun,” kata Perry.

Baca Juga: 

Dirinya memuji kekompakan seluruh stakeholder di Sulsel terutama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang sukses mengawal pertumbuhan ekonomi daerah dengan menekan laju inflasi di angka yang aman.

“Itu betul-betul bersama menyejahterakan rakyat, luar biasa kerukunannya,” lanjutnya.

Perry menekankan penguatan sinergi TPIP/TPID dan GNPIP 2023 yang telah berhasil mengendalikan tekanan inflasi pangan pada 2022, diharapkan menjadi akselerator langkah konkret bersama untuk mengendalikan tekanan inflasi pangan, mendorong produksi, serta mendukung ketahanan pangan nasional yang akan mendorong terjaganya daya beli, serta pemulihan ekonomi nasional yang berkelanjutan.  (Arfan)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories