Fakta Unik, 7.000 Tahun Lalu Orang Sulawesi Menggunakan Gigi Hiu untuk Perang dan Ritual

Gigi hiu yang ditemukan di Sulawesi (M.C. Langley)

MAKASSARINSIGHT.com - Penggalian di pulau Sulawesi telah menemukan dua artefak unik dan mematikan yang berasal dari sekitar 7.000 tahun yang lalu. Gigi hiu macan yang digunakan sebagai pisau.

Temuan ini dilaporkan dalam jurnal  Antiquity dan menjadi salah satu bukti arkeologi paling awal secara global mengenai penggunaan gigi hiu dalam senjata. Hingga saat ini, bilah gigi hiu tertua yang ditemukan berusia kurang dari 5.000 tahun.

Sebagaimana ditulis the Conversation 30 Oktober 2023, tim internasional menggunakan kombinasi analisis ilmiah, reproduksi eksperimental, dan observasi komunitas manusia baru-baru ini untuk menentukan bahwa dua gigi hiu yang dimodifikasi tersebut pernah dipasang pada gagang. Kemungkinan besar mereka digunakan dalam ritual atau peperangan.

Kedua gigi hiu tersebut ditemukan selama penggalian sebagai bagian dari program penelitian arkeologi gabungan Indonesia-Australia. Kedua spesimen tersebut ditemukan dalam konteks arkeologi yang dikaitkan dengan budaya Toalean. Yakni masyarakat pencari makan misterius yang hidup di barat daya Sulawesi dari sekitar 8.000 tahun lalu hingga periode yang tidak diketahui di masa lalu.

Baca Juga: 

Sebuah gigi lengkap, ditemukan di situs gua Leang Panninge, memiliki dua lubang yang dibor hingga ke akarnya. Gigi lain  ditemukan di gua bernama Leang Bulu' Sipong 1. Gigi ini  memiliki satu lubang, meski sudah pecah dan kemungkinan besar awalnya juga memiliki dua lubang.

Pemeriksaan mikroskopis pada gigi menemukan bahwa gigi tersebut pernah dipasang erat pada pegangan menggunakan benang nabati dan bahan seperti lem. Perekat yang digunakan merupakan kombinasi bahan mineral, tumbuhan dan hewan. Metode penempelan yang sama juga terlihat pada bilah gigi hiu modern yang digunakan oleh budaya di seluruh Pasifik.

Pemeriksaan pada tepi setiap gigi menunjukkan bahwa gigi tersebut digunakan untuk menusuk, memotong, dan mengikis daging dan tulang. Namun, kerusakan yang terjadi jauh lebih besar dibandingkan yang biasa dialami hiu saat makan.

Meskipun sisa-sisa ini menunjukkan  masyarakat Toalean menggunakan pisau bergigi hiu sebagai alat pemotongan sehari-hari, data etnografis (pengamatan komunitas terkini), arkeologi dan eksperimen menunjukkan sebaliknya.

Mengapa Menggunakan Gigi Hiu?

Gigi hiu macan/M.C. Langley

Penggunaan gigi hiu sebagai pisau tidak mengherankan. Percobaan menemukan bahwa pisau bergigi hiu macan sama efektifnya dalam membuat luka yang panjang dan dalam pada kulit saat digunakan untuk menyerang seperti dalam pertarungan.

Satu-satunya aspek negatifnya adalah gigi tersebut relatif cepat tumpul  sehingga tidak dapat digunakan sebagai pisau sehari-hari.

Fakta  bahwa gigi hiu dapat menimbulkan luka yang dalam, mungkin menjelaskan mengapa bilah gigi hiu hanya digunakan sebagai senjata untuk konflik dan kegiatan ritual di masa sekarang dan masa lalu.

Banyak masyarakat di seluruh dunia telah mengintegrasikan gigi hiu ke dalam budaya material mereka. Secara khusus, masyarakat yang tinggal di pesisir pantai (dan aktif melakukan penangkapan ikan hiu) lebih cenderung menggunakan lebih banyak gigi ke dalam peralatan yang lebih beragam.

Baca Juga: 

Senjata, termasuk tombak, pisau, dan pentungan yang dipersenjatai dengan gigi hiu diketahui berasal dari daratan New Guinea dan Mikronesia. Ssedangkan tombak merupakan bagian dari kostum berkabung di Tahiti.

Lebih jauh ke timur, masyarakat Kiribati terkenal dengan belati, pedang, tombak, dan tombak bergigi hiu. 

Gigi hiu juga ditemukan dalam konteks arkeologi Maya dan Meksiko yang secara luas dianggap telah digunakan untuk ritual pertumpahan darah. Dan  gigi hiu diketahui telah digunakan sebagai pisau tato di Tonga, Aotearoa Selandia Baru, dan Kiribati.

Di Hawai apa yang disebut "pemotong gigi hiu" digunakan  sebagai senjata tersembunyi dan untuk  memotong kepala suku yang mati,  dan membersihkan tulang mereka sebagai persiapan penguburan adat.

Gigi hiu yang dimodifikasi telah ditemukan dari konteks yang lebih tua. Gigi hiu macan soliter dengan satu lubang dari Buang Merabak (Irlandia Baru, Papua Nugini) berumur sekitar 39.500–28.000 tahun yang lalu. Sebelas gigi berlubang tunggal dari Kilu (Pulau Buka, Papua Nugini) berumur sekitar 9.000–5.000 tahun yang lalu. Dan sejumlah gigi yang tidak diketahui jumlahnya dari Garivaldino (Brasil) berasal dari sekitar 9.400–7.200 tahun yang lalu. Namun, dalam banyak kasus, gigi tersebut kemungkinan besar merupakan hiasan pribadi, bukan senjata.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Amirudin Zuhri pada 31 Oct 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories