Dirut Pertamina Nicke Widyawati Masuk Daftar100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia Versi Majalah Fortune

Direktur Utama PT Pertamina Persero Nicke Widyawati (Foto: Pertamina) (Foto: Pertamina)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - Direktur Utama di PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati kembali masuk dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia menurut Majalah Fortune tahun 2023. Ditempatkan pada peringkat 67, Nicke adalah satu-satunya perempuan dari kawasan ASEAN yang berhasil meraih penghargaan bergengsi ini.

Majalah Fortune memberikan pengakuan kepada Nicke karena keberhasilannya dalam memimpin Pertamina, termasuk strategi akuisisi lapangan gas Indonesia, Blok Masela, yang dianggap penting.

Dilansir dari kabarbumn.com, Jumat, 24 November 2023, Sejak Nicke memimpin sebagai CEO Pertamina sejak tahun 2018, transformasi yang dihadirkan telah mengukir catatan prestasi yang luar biasa. Pertamina berhasil membukukan laba bersih sebesar US$ 3,8 miliar atau sekitar Rp59,28 triliun (kurs Rp15600) jumlah ini mengalami peningkatan hingga 86% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga: 

Tidak hanya dari sisi keuangan, pertumbuhan signifikan juga terjadi pada pendapatan Pertamina pada tahun yang sama, yang melonjak sebesar 47,6% menjadi US$ 84,9 miliar atau sekitar Rp1.324 triliun. Produksi minyak dan gas bumi pun meningkat sebesar 8%. 

Keberhasilan Nicke tidak hanya terbatas pada kinerja finansial. Salah satu sorotan utama lain adalah transformasi strategis Pertamina yang dipimpinnya menuju penyediaan energi bersih dan rendah karbon. 

Fortune mencatat di bawah kepemimpinan Nicke, Pertamina telah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap transisi energi yang lebih berkelanjutan.

Nicke Widyawati, telah membuktikan dirinya sebagai pemimpin yang mampu menghadapi tantangan di industri energi. Keberhasilannya dalam meningkatkan kinerja Pertamina serta fokusnya pada transisi energi bersih telah menjadikan namanya dikenal di tingkat global. Hal ini tidak hanya membawa kebanggaan bagi Pertamina tetapi juga membuka jalan bagi transformasi positif dalam industri energi di Indonesia dan kawasan ASEAN.

Kepemimpinan Nicke Widyawati yang mengemban tanggung jawabnya sebagai direktur Pertamina diharapkan dapat memberikan dorongan bagi para pemimpin perempuan di ASEAN dalam memaksimalkan peran mereka di berbagai sektor.

Baca Juga: 

Hal ini membuktikan bahwa kehadiran perempuan di puncak kepemimpinan perusahaan energi dapat memiliki dampak yang besar dalam membentuk masa depan industri energi yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Muhammad Imam Hatami pada 24 Nov 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories