Cukup Meditasi Lima Menit, Efektif Tingkatkan Fokus dan Kualitas Tidur

andrea piacquadio (pexels.com)

MAKASSARINSIGHT.com - Kita hidup di dunia yang serba cepat, serba sibuk dan penuh distraksi. Namun Anda dapat mengatasi itu semua agar merasa lebih tenang dengan 5 menit meditasi. 

5 Menit bisa dapat apa ?
Lima menit memang terasa singkat, namun kenyataannya Anda dapat memanfaatkan waktu ini untuk bermeditasi dan mengatur tone hari Anda. Waktu 5 menit ini dapat Anda ambil kapan saja, bisa saat bangun tidur, sebelum tidur, hingga jeda istirahat di kantor. Cobalah mulai memberikan waktu untuk latihan ini. 5 menit adalah waktu yang tepat apalagi jika Anda adalah pemula. Tidak menutup kemungkinan Anda akan meningkatkan jumlah waktu menjadi 10 menit, 15 menit, 20 menit, hingga 30 menit.

Apa Manfaat 5 Menit Meditasi ?
Sebuah penelitian di University of Surrey pada tahun 2018 mengungkapkan bahwa otak seseorang yang melakukan meditasi kurang terpengaruh oleh hal-hal negatif karena terdapat perubahan kadar dopamin di otak mereka berkat latihan meditasi yang teratur. Selain itu meditasi juga disebut sebagai push-up untuk otak karena kemampuannya meningkatkan kontrol kognitif dan memperkuat koneksi serat otak. Sehingga meditasi selama 5 menit memiliki manfaat setara dengan berjalan kaki, joging atau sprint selama 5 menit. Meditasi juga terbukti mampu membantu Anda meningkatkan fokus, suasana hati, fungsi kekebalan tubuh, hingga kualitas tidur.

Baca Juga: 

Bagaimana Cara Memulainya ?
Dilansir dari Psychology today, inilah langkah 5 menit meditasi yang dapat Anda lakukan. 
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari posisi ternyaman.

Postur
Carilah tempat dan posisi ternyaman untuk Anda, Anda dapat duduk bersila dengan kedua tangan di atas paha. Pastikan tidak ada gangguan disekitar Anda. Duduklah dengan tegak.

Bernafas
Mulailah untuk menarik nafas. Pastikan udara memenuhi perut Anda. Saat menghirup udara rasakan udara naik ke dada dan lebarkan tulang rusuk Anda. Tahan napas sejenak dan hembuskan dengan cara terbalik yaitu dengan dada dan kemudian perut melepaskan udara. Tunggu beberapa detik lalu ulangi. Cobalah teknik ini beberapa kali.

Relaksasi 
Relaksasi dapat Anda mulai dari bagian atas kepala Anda, rilekskan dahi Anda di sekitar mata, wajah dan mulut. Rilekskan juga bahu dan ketegangan di lengan Anda. Regangkan jari lalu beranjaklah ke bagian punggung dan dada Anda. Pindahkan fokus Anda ke bagian perut, bokong, pinggul, paha, lutut dan kaki. Scan seluruh tubuh Anda untuk melihat apakah ada titik tegang yang tersisa. Lalu mulailah bernapas ke bagian-bagian tubuh itu. Napas Anda telah menjadi alat relaksasi.

Meditasi
Fokuslah pada hidung dan pernafasan Anda. Rasakan udara yang keluar masuk. Jangan khawatir jika ada pikiran mengganggu yang tiba-tiba datang. Kembali saja fokus ke hidung dan pernafasan Anda. Anda akan semakin merasakan badan Anda mulai terasa relax.

Nah itu tadi adalah tips untuk 5 menit meditasi yang dapat Anda praktekkan kapan saja dan dimana saja. Semoga bermanfaat!
 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 12 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories