Coba Lima Aplikasi Chat Alternatif Pengganti WhatsApp Ini untuk Komunitas Anda

5 Rekomendasi Aplikasi Chat Alternatif WhatsApp untuk Komunikasi Tim Kantor (Discord)

MAKASSARINSIGHT.com - Bagi masyarakat Indonesia, WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan populer yang sering digunakan oleh hampir semua orang yang memiliki smartphone. Tidak mengherankan jika banyak perusahaan masih menggunakan WhatsApp untuk memudahkan komunikasi antar rekan kerja di kantor.

Meski begitu, ternyata WhatsApp juga memiliki banyak kelemahan yang mungkin terasa kurang efisien bagi perusahaan. Hal ini karena chat WhatsApp tidak berbasis cloud sehingga ketika Anda berganti ponsel, jika chat sebelumnya tidak terbackup dengan sempurna, maka bisa jadi chat tersebut hilang.

Hal ini tentu sangat merepotkan, apalagi jika chat tersebut penting dan berhubungan dengan pekerjaan. Tidak hanya itu, foto atau dokumen yang sudah terunduh juga tidak tersimpan otomatis di akun WhatsApp dan berisiko hilang jika tidak sengaja terhapus di ponsel.

Baca Juga: 

Oleh karena itu, ada baiknya bagi Anda yang saat ini harus berkomunikasi dengan tim internal kantor untuk mengenal berbagai aplikasi chat alternatif WhatsApp untuk memudahkan komunikasi bersama. Berikut beberapa rekomendasinya.

5 Rekomendasi Aplikasi Chat Alternatif WhatsApp 

1. Microsoft Teams

Rekomendasi Aplikasi Chat Alternatif WhatsApp untuk Komunikasi Tim Kantor: Microsoft Teams

Microsoft memiliki business chat tools yang menargetkan perusahaan serta tim kecil. Microsoft Teams ini sudah tersedia bagi semua orang yang telah berlangganan salah satu paket Microsoft Office 365. Bahkan, Anda bisa mendapatkan Microsoft Teams versi freemium jika Anda tidak memiliki salah satu dari paket ini. Semua fitur obrolan akan tersedia untuk Anda secara gratis. Di antaranya adalah instant chat, audio, video call, dan berbagai integrasi.

2. Google Chat

Rekomendasi Aplikasi Chat Alternatif WhatsApp untuk Komunikasi Tim Kantor: Google Chat

Google Chat adalah fitur bawaan layanan Gmail, yang dirancang untuk menggantikan Google Hangouts. Anda dapat menggunakannya untuk mengobrol dengan siapa saja yang memiliki akun Gmail. Tidak masalah jika Anda atau kontak Anda menggunakan paket gratis atau akun Gmail berbayar, tools untuk berkomunikasi ini akan selalu tersedia untuk semua orang.

3. Discord

Rekomendasi Aplikasi Chat Alternatif WhatsApp untuk Komunikasi Tim Kantor: Discord

Aplikasi ini mirip dengan Slack dan memiliki fungsi chat dan share screen tanpa batas yang tentu akan sangat berguna untuk berkomunikasi antara internal tim di perusahaan.

Fungsi utama Discord adalah panggilan video dan audio dengan Integrasi API. Jika Anda menginginkan riwayat obrolan tak terbatas, penyimpanan tak terbatas, berbagi file berkualitas tinggi, dan jumlah peserta tak terbatas dalam satu saluran, Anda harus membayar US$9,99 per bulan atau sekitar Rp151.803 saja untuk Discord Nitro.

4. Fleep 

Rekomendasi Aplikasi Chat Alternatif WhatsApp untuk Komunikasi Tim Kantor: Fleep 

Fleep adalah platform komunikasi yang memudahkan manajemen tugas. Selain ada fitur obrolan biasa, Fleep juga menawarkan pembagian tugas dan mengkoordinasikan pekerjaan.

Fleep juga menyediakan papan pin tempat Anda dan rekan kerja untuk menyematkan pesan dan pengingat penting, seperti sebuah papan tulis yang ada di ruangan kerja sesungguhnya.

5. Ryver

Rekomendasi Aplikasi Chat Alternatif WhatsApp untuk Komunikasi Tim Kantor: Ryver

Perusahaan yang menginginkan semua komunikasi tim dan rekan kerja harus ada di satu tempat perlu mempertimbangkan Ryver. Ryver adalah aplikasi kolaborasi yang dirancang tidak hanya untuk komunikasi tetapi juga untuk manajemen tugas dan alur kerja secara keseluruhan. 

Ryver juga memiliki integrasi dengan Google Drive, Dropbox, dan Box yang membuat berbagi file menjadi sangat mudah. Ryver juga menyediakan panggilan audio dan video dapat mendukung hingga 5 orang.

Baca Juga: 

Itu tadi rekomendasi aplikasi chat alternatif WhatsApp yang bisa mulai Anda gunakan agar semakin efisien dan efektif berkomunikasi dengan tim dan rekan kerja di kantor. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 22 Feb 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories