Cek Kebenaran Tren TikTok Silent Walking Bisa Hilangkan Stres dan Bakar Kalori

Kenali Tren TikTok Silent Walking, Benarkah Bisa Hilangkan Stres? (freepik.com/drobotdean)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - Setelah adanya kemajuan teknologi, salah satu hal pertama yang mungkin Anda lakukan saat berjalan-jalan adalah meraih headphone yang membuat Anda bisa mendengarkan musik saat berjalan. Namun, tren di media sosial TikTok justru mendorong orang untuk berjalan tanpa smartphone dan gangguan, yang disebut sebagai silent walking.

Tren silent walking ini mengajak pengguna untuk berjalan tanpa suara, jadi ketika berjalan pengguna juga tidak sambil mendengarkan podcast atau mengajak teman. Lalu, apa manfaat dari tren TikTok silent walking ini?

Penjelasan Tren TikTok Silent Walking

Penjelasan tren TikTok silent walking

Manfaat berjalan kaki tentu sudah banyak diketahui di mana berjalan kaki selama 60 menit disebut mampu membakar 100-175 kalori, untuk sebagian besar orang. Akan tetapi silent walking mungkin akan membawa manfaat lebih bagi kesehatan mental dan emosional Anda.

Baca Juga: 

Tren ini semakin populer sejak content creator TikTok Mady Maio mengatakan kepada pengguna media sosial bahwa ahli gizinya menyarankan dia untuk berjalan kaki selama 30 menit sehari daripada melakukan cardio. Untuk memperbesar manfaatnya, ia mendapatkan saran untuk berjalan tanpa gangguan.

Dalam sebuah video, Mady Maio mengatakan bahwa ia mendapatkan tantangan untuk berjalan tanpa menggunakan air pods, tanpa mendengarkan podcast, dan tanpa musik. Sejak saat itu, silent walking jadi gerakan yang tren dan banyak orang mengatakan bahwa gerakan ini memberikan mereka waktu untuk diri sendiri dan membuat mereka jadi merasa lebih tenang dan berpikir lebih jernih.

Meski begitu, berjalan tanpa gangguan ini sebetulnya bukanlah hal yang baru. Akan tetapi di dunia yang sibuk saat ini, bisa memperoleh waktu bebas dari gangguan adalah hal yang sangat berharga serta membantu meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emosional.

Manfaat Kesehatan dari Silent Walking

Seperti yang dilansir Trenasia dari Healthline pada Kamis, 26 Oktober 2023, seorang terapis Tracy Richardson percaya bahwa kepopuleran silent walking adalah efek dari gaya hidup masyarakat sekarang yang semakin sibuk. Tampaknya, silent walking jadi suatu cara bagi masyarakat saat ini untuk menemukan ketenangan yang sangat dibutuhkan.

Oleh karena itu, salah satu manfaat terbesar dari silent walking adalah untuk menghilangkan stres dan kecemasan. RIchardson juga menggambarkan bahwa silent walking sebagai kesempatan bagi kita untuk menjauh dari stres dan lebih memperhatikan bagaimana perasaan kita.

Silent walking juga akan membawa Anda ke momen saat ini sehingga membantu Anda lebih sadar akan diri sendiri dan lingkungan Anda. Inilah perbedaan antara penuh perhatian dengan penuh pikiran.

Meluangkan waktu untuk melakukan mindfulness dengan cara ini tidak hanya membantu Anda merasa lebih tenang dan berpikiran jernih, tetapi juga berdampak buruk pada kesehatan fisik Anda. Richardson juga mengatakan ketika kita berjalan tanpa gangguan, kita mengurangi paparan terhadap pemicu stres, seperti kebisingan.

Baca Juga: 

Itu tadi penjelasan mengenai tren TikTok silent walking dan manfaatnya untuk kesehatan. Apakah Anda tertarik untuk melakukannya?

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 27 Oct 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories