Cek Di Sini, Cara Melihat Siapa yang Intip Profil TikTok Anda Secara Diam-diam

Begini Cara Melihat Siapa yang Intip Profil TikTok Anda Secara Diam-diam (Freepik.com/artursafronovvvv)

MAKASSAINSIGHT.com - TikTok adalah salah satu platform yang sedang digemari banyak orang untuk mendapatkan informasi terbaru atau sekadar berbagi informasi. Ternyata sekarang TikTok memiliki kesamaan dengan platform pencari kerja dan berjejaring profesional, yaitu LinkedIn. Hal ini karena dalam beberapa kasus, pengguna dapat melihat siapa yang mengintip profil pengguna dalam 30 hari terakhir.

Fitur profile view ini bahkan sekarang juga telah tersedia secara global. Seperti yang dikutip dari laman TechCrunch pada 30 Juni 2023, fitur ini pertama kali ditemukan dalam kode aplikasi oleh para reverse engineer pada awal Januari 2022, tapi pada awalnya hanya tersedia di wilayah tertentu saja. Fitur ini juga dapat dinyalakan dan dimatikan yang artinya bisa dimanfaatkan sesuai dengan preferensi masing-pasing pengguna.

Sedangkan menurut halaman Support Page TikTok, fitur ini hanya tersedia bagi pengguna yang sudah berusia di atas 16 tahun dan memiliki kurang dari 5.000 pengikut. Alasan mengapa harus memiliki pengikut kurang dari 5.000 orang adalah mungkin karena jika Anda terlalu populer di TikTok, mungkin akan ada banyak pengguna yang melihat profil TikTok Anda. Selain itu, bisa juga hal ini untuk perlindungan pengguna itu sendiri.

Baca Juga: 

Cara Mengaktifkan Riwayat Profile View di TikTok

Cara mengaktifkan riwayat Profile View di TikTok

Berikut beberapa cara mengaktifkan riwayat profile view di TikTok agar Anda bisa mengetahui siapa yang mengintip profil TikTok Anda secara diam-diam.

  1. Pertama, masuk halaman profil TikTok Anda.
  2. Tap menu ikon berbentuk tiga baris yang ada di pojok kanan atas lalu masuk ke bagian Settings atau Pengaturan.
  3. Klik ‘Settings and Privacy’.
  4. Klik ‘Privacy’ lalu dari sana, klik ‘Profile View’.
  5. Di sini Anda dapat melihat siapa saja yang melihat profil Anda dalam tiga puluh hari terakhir. Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan profile view di TikTok, alihkan ikon di sebelah riwayat profile view.

Untuk fitur ini, hanya Anda yang dapat melihat siapa yang melihat profil Anda, tapi jika Anda mengaktifkan fitur tersebut, itu artinya Anda juga mengizinkan orang lain melihat bahwa Anda telah melihat profil mereka. 

Kabar baiknya, fitur ini hanya bisa diaktifkan secara manual, jadi tidak otomatis. Oleh karena itu, jika kemarin sebelum mengaktifkan fitur ini Anda mengintip profil orang lain, mereka tidak akan tahu bahwa Anda mengintip profil mereka, kecuali jika Anda telah mengaktifkan fitur tersebut. 

Cara Mematikan Profile View di TikTok

Bagi Anda yang tidak ingin profil Anda diketahui mengintip profil orang lain di TikTok, Anda bisa mengatasinya dengan menonaktifkan fitur ini. Berikut caranya.

  1. Klik halaman ‘Inbox’ di bagian bawah aplikasi TikTok.
  2. Klik notifikasi bahwa seseorang telah melihat profil Anda.
  3. Setelah Anda berada di halaman ‘Profile Views’, tap ikon ‘Settings’ di sudut kanan atas.
  4. Alihkan ikon di samping laman ‘Profile views history’ ke nonaktif.

Itu tadi cara mengetahui siapa yang diam-diam mengintip profil TikTok Anda dengan memanfaatkan fitur Profile Views. Selamat mencoba!

Baca Juga: 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 30 Jun 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories