Bulan Terus Menjauh dari Bumi, Begini Penjelasannya

Bulan (NASA)

MAKASSARINSIGHT.com - Orbit bulan mengelilingi Bumi tampak begitu teratur sehingga peradaban mendasarkan  pada gerakan bulan selama ribuan tahun. Namun, bulan sebenarnya bulan merayap perlahan menjauhi Bumi. Apakah Bumi akan kehilangan bulannya di beberapa titik?

Para ilmuwan menentukan kecepatan bulan menjauh dari Bumi dengan bantuan panel reflektif yang ditempatkan NASA di sana selama misi Apollo. Selama lebih dari 50 tahun, para peneliti telah menembakkan sinar laser dari Bumi ke cermin-cermin ini dan mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendeteksi gelombang pantulan. 

Dengan menggunakan kecepatan cahaya, para ilmuwan memperkirakan bahwa bulan menjauh dari Bumi sekitar 1,5 inci (3,8 sentimeter) per tahun. Kira -kira sama dengan kecepatan pertumbuhan kuku.

Menurut NASA, bulan bergerak menjauh dari Bumi karena efek gravitasi yang dimiliki satu sama lain. Tarikan gravitasi bulan memaksa lautan bumi untuk menonjol ke arahnya, menghasilkan pasang surut bulan. Gravitasi bumi menyebabkan efek pasang surut yang serupa di bulan, membuat satelit alami kita ini berbentuk sedikit menyerupai bentuk bola.

Baca Juga: 

“Tarikan gravitasi dari tonjolan pasang surut Bumi menyeret bulan. Sementara itu, lautan bergeser karena pasang surut bulan, menimbulkan gesekan di permukaan bumi dan dengan demikian memperlambat rotasi planet, “ kata Madelyn Broome, astrofisikawan di University of California, Santa Cruz, kepada Live Science. 

“Sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu ketika bulan pertama kali terbentuk, laju rotasi Bumi jauh lebih cepat, dengan panjang hari sekitar lima jam," kata Broome.

Semua gaya ini bekerja untuk melontarkan bulan lebih jauh dari Bumi. “Karena Bumi dan Bulan adalah bagian dari sistem interaksi gravitasi yang sama, momentum sudut total harus dipertahankan di antara keduanya,” jelas Broome. "Momentum sudut menggambarkan energi yang dikandung oleh sesuatu yang berputar. Semakin cepat Anda berputar, semakin banyak momentum sudut yang Anda miliki. Semakin lambat Anda berputar, semakin sedikit."

Namun, bukan hanya kecepatan putaran yang memengaruhi momentum sudut. "Seberapa jauh Anda dari pusat sistem juga berpengaruh. Lebih jauh berarti momentum sudut sistem naik. Lebih dekat berarti momentum sudut Anda turun,” tambah Broome.

Dalam kasus Bumi dan Bulan ketika putaran Bumi melambat, agar momentum sudut dilestarikan, sesuatu harus meningkatkan momentum sudut sistem. "Apa yang meningkatkan momentum sudut? Objek yang mengorbit seperti bulan semakin jauh."

Bulan kemungkinan terbentuk dari puing-puing yang dihasilkan dari tabrakan antara Bumi yang baru lahir dan objek seukuran Mars. Menurut  Royal Observatory  di Greenwich, Inggris. kekuatan pasang surut telah membantu menarik bulan ke jarak rata-rata saat ini sekitar  384.400 kilometer dari Bumi, 

Efek pasang surut juga memperlambat laju rotasi bulan pada porosnya, mengakibatkan bulan terkunci secara pasang surut dengan Bumi. Artinya, selalu menampilkan wajah yang sama ke planet kita. Gaya-gaya ini juga mengurangi kecepatan Bumi berputar.

Jean Creighton direktur Planetarium Manfred Olson di University of Wisconsin –Milwaukee mengatakan dalam waktu sekitar 50 miliar tahun rotasi Bumi yang melambat akan menguncinya secara tidal dengan bulan sehingga Bumi hanya akan menunjukkan satu sisi ke bulan secara permanen

Menurut  Eric Klumpe seorang profesor astronomi di Middle Tennessee State University pada titik ini bulan dan Bumi akan berhenti bergerak menjauh satu sama lain.

Namun, sekitar 5 miliar tahun dari sekarang, saat matahari mulai mati, ia akan membesar menjadi bintang raksasa merah, "di mana sistem Bumi-Bulan hampir pasti akan terganggu dan hancur," kata David Trilling, ketua Departemen Astronomi dan Planetary Science di Northern Arizona University.

Baca Juga: 

Dalam waktu sekitar 5 miliar tahun, jika bulan terus menjauh dari Bumi dengan laju mundurnya saat ini, bulan akan bergerak sejauh  189.000 km lagi ketika dimakan oleh ketika dimakan oleh matahari raksasa merah, kata Broome.

Secara keseluruhan, bulan tidak akan meninggalkan Bumi, atau sebaliknya. Sebaliknya, matahari akan melenyapkan keduanya.

 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Amirudin Zuhri pada 24 Apr 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories