Bisa Dicoba, 7 Cara Meningkatkan Karisma Menurut Psikolog

Bisa Dipelajari, 7 Cara Meningkatkan Karisma Menurut Psikolog (Pexels : Karolina Grabwoska)

MAKASSARINSIGHT.com - Beberapa orang menganggap bahwa karisma adalah bakat yang di dapat dari lahir. Sehingga orang yang berkarisma dinilai lebih beruntung dari yang lain.

Namun, ada pendapat lain yang tak kalah populer mengatakan bahwa karisma bisa dipelajari dan ditingkatkan seiring berjalannya waktu.

Seperti yang dikatakan oleh Olivia Fox Cobane, penulis The Charisma Myth. "Karisma hanyalah hasil dari perilaku yang dipelajari".

Melansir dari laman Inc.com, Sabtu, 15 April 2023, berikut adalah 7 cara meningkatkan karisma menurut psikolog:

1. Mulai menunjukkan lebih banyak ekspresi di wajah Anda

Ronald Riggio, seorang profesor di Claremont McKenna College yang telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk meneliti perkembangan karisma mengatakan kepada Inc.com "Belajar mengekspresikan emosi dengan lebih jelas dan lebih akurat".

Hal yang harus Anda perhatikan sebelum mulai menjadi lebih ekspresif adalah dengan mempelajari cara mengontrol ekspresi Anda.

Baca Juga: 

Anda harus mencoba untuk tenang dan keren dalam interaksi sosial alih-alih membiarkan semua orang tahu bahwa Anda sedang marah atau frustasi.

2. Mendengarkan secara aktif

Mendengarkan secara aktif adalah keterampilan kunci lain yang berkaitan dengan karisma. Riggio menggambarkannya sebagai "berfokus pada apa yang dikatakan orang lain dan merefleksikan kembali apa yang Anda dengar, daripada berfokus pada apa yang ingin Anda katakan."

3. Berlatih membaca emosi orang lain

Sebuah penelitian menempatkan peserta untuk menonton sinetron tanpa suara dan menggambarkan apa yang terjadi setelahnya.

Hasilnya, melihat wajah seseorang dengan lebih dekat dapat membuat seseorang terbiasa dengan isyarat nonverbal.

4. Berbagi cerita

Trik ini dilakukan oleh tim pelatihan sekelompok pemimpin untuk menjadi lebih karismatik.

Salah satu keterampilan yang mereka ajarkan adalah dengan menggunakan cerita dan anekdot daat berbicara.

Mengutip dari Harvard Business Review, cerita dan anekdot membuat pesan lebih menarik dan membantu pendengar terhubung dengan pembicara.

5. Ajukan pertanyaan retoris

Masih mengutip dari Harvard Business Review, pertanyaan retoris mungkin tampak basi. Namun, para pemimpin karismatik kerap menggunakannya sepanjang waktu untuk mendorong keterlibatan dalam tim.

Baca Juga: 

Seorang manajer dalam penelitian tersebut memotivasi karyawan yang berkinerja buruk dengan bertanya, "Jadi, ke mana Anda ingin pergi dari sini? Apakah akan kembali ke kantor Anda dengan perasaan kasihan pada diri sendiri? Atau apakah Anda ingin menunjukkan apa yang mampu Anda capai?"

6. Tetapkan tujuan yang besar dan ungkapkan keyakinan bahwa Anda dapat mencapainya

Pemimpin yang menetapkan standar yang tinggi dan benar-benar yakin bahwa tim dapat mencapainya mengatakan bahwa mereka menginspirasi semangat.

7. Gunakan kata-kata yang dapat dihubungkan dengan orang

Psikolog Universitas California di David Dean Keith Simonton dalam bukunya yang berjudul "Why Presidents Succeed" berpendapat bahwa komunikator yang paling efektif cenderung menggunakan bahasa yang konkret dan bukan abstrak.

Contohnya kalimat "Saya merasakan rasa sakit Anda". Presiden yang paling karismatik mencapai hubungan emosional dengan orang-orang yang berbicara bukan dengan otak mereka tetapi dengan naluri mereka.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai 7 cara meningkatkan karisma menurut psikolog. Semoga bermanfaat! 
 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 15 Apr 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories