Begini Caranya Atasi Rasa Malas Kerja Sehabis Liburan

Photo by Ketut Subiyanto: https://www.pexels.com/photo/young-woman-using-laptop-in-bed-and-resting-4132337/ (Pexels / Ketut Subiyanto)

MAKASSARINSIGHT.com - Libur Lebaran sudah berakhir. Setelah menjalani hari libur dan jauh dari rutinitas kantor selama kurang lebih seminggu, sejumlah orang diwajibkan untuk kembali bekerja.

Lantaran sudah lama berlibur, bagi sebagian orang, kembali ke rutinitas biasa merupakan hal yang memberatkan. Karenanya, ada perasaan malas ketika harus kembali beraktifitas di kantor. Biasanya, hal ini populer dengan sebutan back to work blues.

Meski begitu, pertunjukan harus tetap berlangsung. Kembali ke kantor merupakan sebuah kewajiban. Namun, untuk menghindari rasa malas, Anda dapat melakukan sejumlah hal berikut.

Baca Juga:

1. Berpikiran positif

Pada hari terakhir liburan, biasanya banyak orang mengeluhkan rasa malas untuk pergi ke kantor. Hal ini bisa terjadi lantaran Anda hanya melihat sisi negatif yang akan dihadapi  saat mulai masuk kerja.

Hal negatif yang dimaksud termasuk membayangkan tumpukan kerjaan yang belum terselesaikan, berhadapan dengan klien yang rewel, bahkan berinteraksi dengan bos yang pemarah.

Daripada memikirkan hal tersebut, Anda dapat memikirkan sisi positifnya. Sebaiknya Anda tidak memikirkan pekerjaan sebagai beban, tapi jadikan pekerjaan Anda sebagai kesempatan yang baik untuk meningkatkan kemampuan diri.

2. Mulai dengan Menyapa rekan kerja

Sisi posistif dari kembali bekerja setelah liburan panjang adalah bisa kembali bertemu dengan teman-teman Anda. Sesampainya di kantor, sempatkan diri untuk ngobrol dan menyapa rekan kerja.

Jika memungkinkan, berbagilah cerita liburan, atau sekadar mengucapkan selamat hari raya. Waktu Makan siang juga bisa jadi ajang kumpul dan berbagi cerita seru dengan rekan kerja.

3. Bekerja dengan santai

Beberapa hari pertama setelah masuk kantor, suasana liburan pastinya masih terasa. Karenanya, ada masa dimana Anda mengalami masa transisi atau peralihan dari liburan untuk kembali bekerja.

Hari pertama, mungkin Anda terburu-buru ingin menyelesaikan tugas di kantor, lalu pulang dan istirahat.

Karena hal tersebut, saat hari pertama masuk kerja, usahakan untuk bersikap tenang dan santai saat mengerjakan pekerjaan. Pastikan rekan dan klien tidak membombardir Anda dengan tugas-tugas. Jangan lupa berikan diri Anda waktu beristirahat di sela-sela bekerja.

Baca Juga: 

4. Lakukan hal baru

Perlu diinformasikan, sindrom malas bekerja sehabis liburan atau   back to work blues ini hanya bersifat sementara. Setelah seminggu, Anda pasti sudah kembali bersemangat menyelesaikan  tugas-tugas di kantor.

Meski demikian, Anda tetap harus terus mencari momen untuk menyalakan api semangat dalam diri Anda. Bisa saja, Anda mungkin hanya perlu aktivitas yang menyenangkan selama seminggu untuk menjaga pikiran Anda tetap aktif.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rizky C. Septania pada 27 Apr 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories