Baca Nih, Tips Agar Tetap Produktif Bekerja Setelah Libur Lebaran

5 Cara Tetap Produktif Bekerja Setelah Libur Lebaran (Trenasia)

MAKASSARINSIGHT.com - Momen Lebaran tentu jadi waktu yang sangat ditunggu-tunggu banyak orang. Hal ini karena waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga besar.

Meski begitu, sekarang libur Lebaran sudah mulai berakhir. Para pekerja atau karyawan harus kembali melakukan aktivitas hariannya yaitu bekerja.

Namun, langsung produktif setelah libur panjang tentu menjadi masalah bagi sebagian besar orang. Banyak yang masih kesulitan untuk kembali ke ritme seperti semula apalagi produktif saat bekerja.

Jika Anda mengalami hal yang sama, Anda bisa menerapkan beberapa cara agar tetap produktif setelah libur Lebaran berikut ini.

Baca Juga: 

Cara Tetap Produktif Bekerja Setelah Libur Lebaran

Cara Tetap Produktif Bekerja Setelah Libur Lebaran 

1. Buat daftar tugas 

Tidak ada gunanya untuk mencoba menyelesaikan semua tugas dalam satu hari. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba membuat daftar tugas sekaligus mengurutkan prioritas berdasarkan kepentingannya.

Anda bisa mengurutkan prioritas suatu tugas dengan Matriks Eisenhower, yaitu bagilah tugas berdasarkan kategori tugas mendesak dan penting (harus dikerjakan sesegera mungkin), bukan tugas yang mendesak dan penting (cari waktu untuk mengerjakan tugas ini setelah tugas utama selesai), tugas mendesak dan tidak penting (delegasikan ke seseorang), serta tugas yang tidak mendesak dan tidak penting (lupakan sejenak).

2. Mulai pekerjaan dengan tugas yang jelas 

Cobalah untuk mencapai keseimbangan dengan memilih tugas pertama untuk dikerjakan dengan bijak. Anda bisa memulai dengan mengerjakan tugas yang paling sulit. Akan tetapi, jangan melebih-lebihkan kemampuan Anda dan jangan meremehkan apa yang penting.

Anda juga bisa membantu tubuh dan otak terbiasa dengan ritme kerja dengan cara mengerjakan tugas rutin dan tugas yang membutuhkan usaha dan kekuatan otak yang lebih sedikit.

3. Istirahat secara strategis

Anda tidak perlu harus mengharapkan diri Anda langsung bisa kembali bekerja selama 8 jam jika sudah menjalani kehidupan yang mudah dan santai selama seminggu terakhir. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan sistem manajemen waktu yang tidak kaku untuk beberapa hari pertama Anda bekerja. 

Setelah itu, Anda bisa meningkatkan waktu fokus Anda sedikit demi sedikit hingga Anda kembali normal. Anda bisa memanfaatkan teknik Pomodoro karena akan memaksa Anda untuk fokus dengan memblokir gangguan atau distraksi.

4. Cintai pekerjaan Anda lagi

Untuk mengurangi perbedaan antara bekerja dan liburan, cobalah untuk bersikap positif terhadap pekerjaan Anda. Jika Anda sudah menyukai pekerjaan Anda, luangkan waktu sejenak untuk merenungkan apa yang membuatnya hebat. Jika Anda tidak menyukai pekerjaan Anda, inilah waktunya untuk mencari hikmahnya.

5. Jangan bekerja di luar waktu

Ketika Anda sudah selesai dengan pekerjaan, maka berhentilah bekerja. Ketika Anda disiplin bekerja pada jam kerja Anda, hal itu memungkinkan Anda bersantai di waktu luang. Hal ini juga yang membantu menegaskan kembali rasa kontrol yang berkurang saat liburan. 

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa cara tetap produktif bekerja setelah libur Lebaran.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 27 Apr 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories