Baik Dikonsumsi, Ini 3 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

Buah nangka (unsplash.com/@magictype)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - Buah nangka adalah buah yang kaya akan nutrisi dengan nama latin Artocarpus heterophyllus dan merupakan keluarga murbei yang disebut berasal dari India. 

Nangka tumbuh paling baik di iklim tropis dan diyakini berasal dari hutan hujan Ghats Barat, India. Buah ini kemudian menyebar ke wilayah lain seperti Asia Tenggara, Afrika Tengah, Afrika Timur dan cukup populer di Brazil dan Suriname.

Melansir Dr Axe, nangka kaya akan magnesium, vitamin B6 dan vitamin lainnya, serta antioksidan. Sebuah penelitian menyebutkan buah, kulit kayu, daun, dan akar nangka memiliki khasiat terapeutik dan digunakan dalam banyak sistem pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. 

Baca Juga: 

Buah nangka sendiri memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang dapat dirasakan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Berikut adalah manfaatnya.

1. Meningkatkan imun tubuh

Nangka merupakan buah yang kaya akan vitamin C serta antioksidan, termasuk lignan, isoflavon, dan saponin. Kandungan tersebut membantu untuk menangkal radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Antioksidan tersebut meningkatkan fungsi kekebalan tubuh ditambah dengan kandungan vitamin C yang berlimpah dalam buah nangka.

Dalam berbagai penelitian, nangka juga disebut dapat melawan kanker karena kandungan antioksidan dan vitamin C-nya.

2. Meningkatkan kadar magnesium

Satu cangkir nangka memberikan 11% dari asupan magnesium harian yang direkomendasikan. Kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang dan mengurangi risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Magnesium sendiri sangat penting untuk memperkuat tulang. Penelitian menyebutkan wanita, orang Afrika-Amerika, dan orang lanjut usia sangat berisiko mengalami kekurangan magnesium.

Baca Juga: 

3. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler

Sebuah penelitian berjudul Heart Outcomes Prevention Evaluation 2 yang melibatkan lebih dari 5.500 orang dewasa menemukan bahwa konsumsi suplemen nangka selama lima tahun dapat mengurangi kadar homosistein dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke sekitar 25%.

Nangka sendiri kaya akan vitamin B6, asam folat dan vitamin B12 yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi kadar homosistein. 

Karena rasanya yang enak, buah nangka menjadi salah satu pilihan sehat untuk menjadi cemilan yang kaya akan nutrisi dengan manfaat yang besar untuk kesehatan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 28 Oct 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories