Baca! Nama-Nama Populer di Indonesia Berdasarkan Data Perekaman e-KTP

Ilustrasi e-KTP (kargoku.id)

MAKASSARINSIGHT.com — Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membeberkan deretan nama populer di Indonesia. Nama-nama tersebut paling banyak muncul di data perekaman e-KTP Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri. Yang menarik, nama-nama populer ini ternyata adalah nama-nama “asli Indonesia”. 

Fakta unik itu diungkap Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, dalam akun TikTok-nya, @zudanariffakrulloh, Senin 30 Januari 2023. Informasi tersebut disampaikan Zudan lewat dua unggahan video. 

Baca Juga: 

“Teman-teman sudah tahu belum nama-nama laki-laki dan perempuan yang paling populer di Indonesia? Kalau belum, saya beri tahu. Ini sepuluh nama (laki-laki dan perempuan) paling populer di Indonesia,” ujarnya di TikTok. 

Di 10 nama populer laki-laki, muncul nama-nama Sutrisno, Junaidi hingga Slamet. Nama-nama lain dalam daftar pun jauh dari unsur kebarat-baratan. Berikut rinciannya:

 1. Sutrisno

2. Slamet

3. Mulyadi

4. Herman

5. Supardi

6. Ismail

7. Suprianto

8. Suparman

9. Junaidi

10. Wahyudi

Baca Juga: 

Sama halnya laki-laki, nama-nama populer perempuan di Indonesia pun lebih lekat dengan nama dari generasi 70-an. Beberapa di antaranya yakni Sumiati, Nurhayati, hingga Kartini, yang identik dengan pahlawan Nasional RA Kartini. Berikut daftar lengkapnya:

1. Nurhayati

2. Sulastri

3. Sumiati

4. Sri Wahyuni

5. Sumarni

6. Sunarti

7. Siti Aminah

8. Aminah

9. Ernawati

10. Kartini

Itulah nama-nama populer laki-laki dan perempuan merujuk data Dukcapil Kemendagri saat ini. Jika kini nama-nama yang banyak dipakai erat dengan unsur kedaerahan, bukan tak mungkin 10-20 tahun lagi nama populer di Indonesia lekat dengan unsur kebarat-baratan. Namun kata seorang penulis drama, William Shakespeare, apalah arti sebuah nama. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Chrisna Chanis Cara pada 31 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories