Baca Ini, Ternyata Konsumsi Buah Markisa Punya 3 Manfaat untuk Kesehatan

Buah Markisa (unsplash.com/@intacts)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - Markisa merupakan buah dengan rasa yang segar dengan ciri khasnya memiliki biji yang banyak dengan daging berwarna kuning. Melansir Dr Axe, Buah markisa merupakan buah dengan warna kuning keemasan atau ada juga yang berwarna ungu yang ditanam di Australia dan banyak jenis hibrida yang memiliki beragam warna.

Markisa adalah tumbuhan tropis yang aslinya berasal dari Brazil, Paraguay, dan Argentina. Saat ini, buah markisa juga dapat ditemukan di seluruh kawasan tropis termasuk beberapa bagian di Australia, India, Afrika, dan Hawaii.

Markisa adalah buah yang kaya akan antioksidan, vitamin A, vitamin C, polifenol, beta-cryptoxanthin, dan karotenoid. Berkat kandungan-kandungan tersebut, markisa dipercaya memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang dapat dirasakan. Berikut adalah sejumlah manfaat kesehatan dari buah markisa.

Baca Juga: 

1. Sumber antioksidan 

Markisa memiliki kandungan fitonutrien, seperti karotenoid dan polifenol flavonoid, yang berfungsi untuk melawan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif. Di dalam biji markisa, terdapat piceatannol, sejenis polifenol yang dapat membantu melindungi tubuh dari resistensi insulin, terutama pada orang dewasa yang mengalami kelebihan berat badan. Piceatannol adalah senyawa alami yang sering ditemukan dalam berbagai jenis buah dan sayuran, dan memiliki potensi sebagai senyawa antikanker dan anti-inflamasi. 

Sebuah penelitian pada tahun 2017 yang melibatkan 39 orang dewasa menunjukkan mengonsumsi piceatannol selama delapan minggu dapat meningkatkan metabolisme glukosa serta sensitivitas insulin jika dibandingkan dengan plasebo, yang menunjukkan efek positif pada kesehatan metabolisme.

2. Meningkatkan kesehatan kulit

Buah markisa terkenal kaya akan antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan kulit dengan mengurangi risiko kerutan, mempercepat penyembuhan luka, serta mendukung pembentukan kolagen. 

Hasil penelitian pada tahun 2018 menunjukkan bahwa piceatannol dari ekstrak markisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan kulit, seperti meningkatkan produksi kolagen, menghambat sintesis melanin, merangsang glutathione, dan menghilangkan spesies oksigen reaktif dalam rentang waktu empat hingga delapan minggu. 

Penelitian tahun 2013 juga menegaskan bahwa antioksidan dalam markisa, termasuk piceatannol, dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini dengan cara menghambat pembentukan spesies oksigen reaktif yang diinduksi oleh sinar UVB dan melindungi fibroblas matriks kulit.

Baca Juga: 

3. Tinggi serat dan rendah glikemik

Markisa sangat berguna bagi yang mengikuti diet rendah glikemik karena kandungan seratnya yang tinggi, terutama pektin, dan kadar gula yang rendah dibandingkan dengan buah lainnya. Walaupun memiliki rasa manis yang ringan, buah ini memberikan nutrisi tanpa meningkatkan gula darah secara berlebihan. Mengonsumsi seluruh buah beserta bijinya dapat meningkatkan asupan serat Anda.

Makanan dengan indeks glikemik rendah adalah makanan yang dicerna dengan lambat oleh tubuh, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan.

Karena buah markisa memiliki kandungan gula, disarankan untuk mengonsumsi buah ini antara empat hingga delapan ons per harinya.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 07 Oct 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories