Aplikasi Kencan Online Bisa Berdampak Buruk untuk Kesehatan Mental Loh, Ini Sebabnya...

Bukannya Dapat Jodoh, Aplikasi Kencan Online Justru Berdampak Buruk untuk Kesehatan Mental! Ini Penjelasannya (Freepik.com)

MAKASSARINSIGHT.com - Aplikasi kencan online memang digemari banyak orang untuk mendapatkan kenalan baru atau mencari jodoh. Namun, jika Anda belum siap dan sama sekali tidak ingin berkencan, Anda justru tetap mempertimbangkan penggunaan aplikasi kencan karena disebut berdampak buruk untuk kesehatan mental. Berikut penjelasannya.

Dampak Buruk Aplikasi Kencan Online untuk Kesehatan Mental

1. Menyebabkan stres dan kecemasan

Menurut penelitian dari Western Sydney University, penggunaan aplikasi kencan online dapat meningkatkan perasaan stres dan kecemasan. Studi tersebut dilakukan pada 475 orang berusia di atas 18 tahun dan menemukan bahwa mereka yang menggunakan aplikasi kencan memiliki tingkat tekanan psikologis, kecemasan, dan depresi yang jauh lebih tinggi, apalagi jika kecocokan atau match yang tidak menghasilkan hubungan yang sukses.

Baca Juga: 

2. Dapat menurunkan produktivitas

Aplikasi kencan online tidak hanya dapat menyebabkan stres dan kecemasan, tapi juga dapat menurunkan produktivitas Anda. Adanya notifikasi yang terus menerus muncul dan dorongan untuk sering swipe aplikasi kencan online justru akan mengganggu dan menjauhkan Anda untuk mengerjakan tugas penting seperti tugas sekolah, pekerjaan, atau menjalin hubungan pribadi.

3. Berhubungan dengan masalah citra tubuh

Saat membuka aplikasi kencan online, Anda mungkin akan terus-menerus disuguhi foto pasangan yang ‘ideal’. Aplikasi ini akan membuat Anda bermasalah dengan masalah citra tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Eating and Weight Disorders menyebutkan bahwa penggunaan aplikasi kencan online secara teratur dapat meningkatkan ketidakpuasan pada tubuh sendiri dan citra tubuh negatif, terutama bagi pria.

4. Menurunkan harga diri

Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017 oleh Body Image, menyebutkan bahwa penggunaan aplikasi kencan online akan membuat Anda jadi lebih cenderung merasa negatif terhadap diri sendiri daripada orang yang tidak menggunakan aplikasi kencan. Pengguna aplikasi kencan online memiliki tingkat kepuasan yang jauh lebih rendah terhadap wajah dan tubuh mereka. 

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa dampak buruk aplikasi kencan online terhadap kesehatan mental. Perlu diketahui, meski aplikasi kencan mungkin tampak menyenangkan bagi Anda, aplikasi tersebut tetap dapat berdampak negatif pada kesehatan mental. Oleh karena itu Anda perlu mewaspadai potensi efek negatifnya dan gunakan aplikasi kencan online secukupnya.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 13 Feb 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories