Andika Perkasa, Mantan Panglima TNI AD yang Punya Tabungan Rp131 Miliar

Serda Aprilio Perkasa Manganang (kanan) dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) usai sidang putusan pergantian identitas secara virtual di Markas Besar TNI Angkatan Darat, di Jalan Veteran, Jakarta, Jum’at, 19 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

MAKASSARINSIGHT.com – Usai pensiun dari jabatan terakhirnya sebagai Panglima TNI pada akhir 2022, nama Andika Perkasa sekonyong-konyong muncul sebagai kandidat komisaris utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

Namun, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang diselenggarakan Kamis, 15 Juni 2023, Irwandy Arif diangkat sebagai komisaris utama (komut) menggantikan Agus Suhartono. Kemudian, RUPST PTBA mengukuhkan pemberhentian Devi Pradnya Paramita yang sebelumnya menjabat sebagai komisaris. 

RUPST PTBA juga menyetujui pengangkatan Kurnia Toha dan Rahmat Hidayat sebagai komisaris independen untuk tahun buku 2023. 

Di luar kabar tersebut, Andika Perkasa adalah sosok yang menarik untuk dibahas. Selain karir cemerlangnya di dunia militer, ia juga kedapatan memiliki harta kekayaan yang cukup fantastis. Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) per akhir 2022, Andika Perkasa melaporkan kekayaannya yang mencapai Rp184,53 miliar. Kekayaannya naik hampir Rp2 miliar dalam satu tahun. 

Adapun kekayaan Andika terdiri dari aset bergerak dan tidak bergerak yang berupa tanah, bangunan, kendaraan, hingga simpanan dan barang berharga lainnya.

Sebanyak 23 bidang tanah dan bangunan yang dimiliki Andika Perkasa. Aset itu tersebar baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Baca Juga: 

Untuk kendaraan, Andhika melaporkan hanya memiliki satu unit mobil Mercedes-Benz Sprinter tahun 2018 senilai Rp1,8 miliar. Kepada KPK, Andika juga melaporkan kepemilikan harta bergerak lainnya senilai Rp10,1 miliar.

Selain tanah, Andika juga cukup banyak berinvestasi di surat berharga dengan nilai total Rp3,17 miliar. Tampaknya ia cukup piawai mengelola investasinya di instrumen ini, sebab dalam setahun nilainya tumbuh 47,76% dibandingkan dengan 2021 senilai Rp2,14 miliar.

Namun, di antara sebaran asetnya, Andika kelihatannya lebih suka menyimpan kekayaannya dalam bentuk yang likuid. Tercermin dari nilai tabungan di bank yang cukup fantastis yaitu Rp131,43 miliar.

Meskipun punya uang segunung, Andika tahun lalu berutang sebanyak Rp900 juta. Padahal sebelumnya, ia tercatat tak memiliki utang sepeserpun.

Baca Juga: 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Ananda Astri Dianka pada 16 Jun 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories