Ini 5 Tanda yang Bisa Menunjukkan Anda Sebenarnya Cerdas

5 Tanda Bahwa Anda Sebenarnya Lebih Cerdas dari yang Anda Bayangkan (Pexels / Moose Photos)

MAKASSARINSIGHT.com - Kecerdasan kerap dikaitkan dengan prestasi akademik sehingga orang-orang yang tidak berprestasi secara akademik kerap dinilai kurang cerdas.

Sementara itu, ada jenis lain dari kecerdasan seperti pengetahuan akan diri yang baik dan kebijaksanaan. Keduanya sama pentingnya namun orang-orang kerap menyepelekannya. Sehingga, orang-orang biasanya tidak begitu menyadari jika mereka memiliki jenis kecerdasan ini.

Apakah Anda Cerdas?

Alice Boyes Ph.D, psikolog di Psychology Today seperti dilansir oleh Tren Asia pada Jumat 16 Juni 2023, menulis 5 tanda yang bisa menunjukkan bahwa Anda sebenarnya lebih cerdas dari yang Anda bayangkan:

Baca Juga: 

1. Anda Tahu Pola Sabotase Diri

Dr Boyes berpendapat bahwa kita cenderung mensabotase diri dengan pola yang sama dan berulang.

Contoh: Anda menghindari pengambilan keputusan atau pengerjaan tugas yang membuat Anda merasa cemas meskipun itu merugikan Anda.

Orang-orang sering mengkritisi diri mereka sendiri untuk menyabotase diri, namun jika Anda telah sadar dengan pola sabotase yang kerap Anda lakukan, Anda telah berada satu langkah di depan orang-orang pada umumnya.

Mengenali pola sabotase diri adalah langkah awal untuk mengatasinya namun banyak orang yang tidak menyadari hal ini. Jika Anda dapat melihat pola tersebut, itu adalah kekuatan Anda.

2. Anda Mampu Menjaga dan Memperbaiki Hubungan

Manusia sukses melalui hubungan. Koneksi kita dengan orang lain dapat membantu kita mencapai tujuan dan menjadi pendukung untuk kesejahteraan mental.

Sayangnya, kemampuan untuk menjaga dan memperbaiki hubungan kerap dipandang sebelah mata. Padahal, hal tersebut sangat penting adanya.

3. Anda Bisa Memanfaatkan Umpan Balik dengan Baik

Boyes bercerita bahwa ketika ia masih berada pada tahap pelatihan sebagai psikolog klinis, ia dan teman kelasnya merasa begitu cemas karena khawatir tidak lulus ujian.

Lalu supervisor mengatakan sesuatu yang sangat membekas di pikirannya "Kami tidak khawatir tentang siswa yang bisa mengambil umpan balik dengan baik". Mereka ingin memastikan bahwa ketika siswa mendapat nasihat untuk memperbaiki gaya terapi mereka, mereka akan:

- memahami nasihat dan tidak menjadi defensif 
- dengan cepat menyesuaikan perilaku mereka.

Kedua hal diatas adalah kemampuan yang sedikit berbeda. Kemampuan pertama adalah untuk memahami dengan rasional dan kemampuan kedua adalah untuk melihat umpan balik sebagai kesempatan belajar lebih baik.

4. Anda Jeli Mengamati

Penemuan ilmiah diawali dengan observasi. Dalam keseharian, observasi adalah keterampilan penting untuk semua urusan termasuk melihat kesempatan, menyatukan pengetahuan, dan menjaga hubungan.

Baca Juga: 

5. Anda Tahu Cara Menerapkan Nasihat-Nasihat Umum

Ketika Anda membaca artikel ini dan artikel-artikel lain tentang nasihat, apakah Anda merasa bahwa nasihat tersebut pas untuk Anda dan datang di momen yang tepat?

Jika Anda pernah mengalami perasaan ini, tandanya Anda memiliki kekuatan dalam transfer pengetahuan. Karena Anda membaca nasihat umum namun Anda dapat menerapkannya untuk diri Anda sendiri.

Sudah jelas bahwa keterampilan ini penting digunakan dalam proses belajar dan mengembangkan diri.

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai 5 tanda bahwa Anda sebenarnya lebih cerdas dari yang Anda bayangkan. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 16 Jun 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories