Yuk Tetap Sehat, Ini 3 Cara Melunasi Utang Sambil Tetap Waras

3 Cara Melunasi Utang Tanpa Mengorbankan Kesehatan Mental (Freepik)

MAKASSRINSIGHT.com - Bagi sebagian orang, utang adalah salah satu aspek dalam kehidupan yang tidak dapat dihindari. Namun, utang ternyata tidak hanya memengaruhi stabilitas keuangan tapi juga kesehatan mental dan hubungan.

Stres akibat utang adalah hal yang nyata dan meluas, serta dapat membuat banyak orang merasa seperti ‘tenggelam’ dalam utang dan depresi. Seperti yang dilansir Trenasia dari Forbes pada Rabu, 8 November 2023, utang tidak hanya membuat seseorang jadi stres tapi juga membebani hubungan. Sebanyak 60% orang mengatakan bahwa tekanan keuangan yang mereka alami dapat menyebabkan perselisihan dalam hubungan mereka.

Baca Juga: 

Cara Melunasi Utang Sambil Menjaga Kesehatan Mental

Membebaskan diri dari utang adalah sebuah perjalanan yang perlu dilakukan dengan cermat dan hati-hati. Namun, melunasi utang adalah perjalanan yang dapat Anda lalui jika dilakukan dengan metode yang tepat.

Anda bisa menyimak beberapa tips untuk membantu Anda melunasi utang sekaligus mengutamakan kesejahteraan mental.

1. Prioritaskan Pelunasan Utang Secara Bijak

Studi menunjukkan bahwa mayoritas orang cenderung mengutamakan melunasi utang yang paling tua terlebih dahulu. Walaupun terkesan masuk akal, pendekatan ini justru tidak selalu menguntungkan secara finansial.

Hal ini karena ada berbagai jenis utang yang memiliki dampak berbeda. Oleh karena itu, lebih bijaksana untuk mulai melunasi utang yang memiliki tingkat bunga tertinggi.

2. Kurangi Pengeluaran Tidak Penting

Pertimbangkan menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan guna memantau pengeluaran secara cermat. Melalui aplikasi pengelolaan keuangan, Anda bisa mengetahui pembelian yang sebenarnya tidak diperlukan.

Sebelum membeli suatu barang, tanyakan kepada diri sendiri apakah hal itu merupakan kebutuhan atau sekadar keinginan saja. Pendekatan ini akan sangat membantu dalam menghindari pembelian secara impulsif yang mungkin dipicu oleh kecemasan terhadap utang.

3. Kembangkan Kesadaran Finansial

Ketegangan atau stres akibat kondisi finansial dapat melemahkan mental dan tubuh. Selain itu, hal tersebut juga dapat menimbulkan efek fisik seperti gangguan tidur, perubahan makan, serta perilaku pemeriksaan rekening bank secara obsesif.

Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk menerapkan kesadaran finansial yang melibatkan menghentikan diri untuk memantau pikiran, tindakan, dan emosi ketika berbelanja. Selain itu, kesadaran finansial yang baik akan mendorong gaya belanja yang lebih bijaksana untuk mengurangi kecemasan finansial.

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa cara melunasi utang sambil terus menjaga kesehatan mental Anda tetap waras. Ingatlah bahwa menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga keseimbangan keuangan saat Anda berupaya melunasi utang.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 09 Nov 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories