YouTube Akan Hapus Iklan Overlay yang Mengganggu di Video

Kabar Gembira! YouTube Akan Hapus Iklan Overlay yang Mengganggu di Video (Freepik.com/ijeab)

MAKASSARINSIGHT.com - YouTube tampaknya sudah memperhatikan keluhan dari pengguna terkait iklan di konten video dari content creator yang ada di platform mereka. Meski begitu tidak dapat dipungkiri jika YouTube tidak dapat sepenuhnya menghilangkan iklan karena itu adalah sumber utama pendapatan YouTube.

Namun, YouTube dikabarkan akan melakukan satu atau dua usaha penyesuaian dalam cara menempatkan beberapa iklan. 

Beberapa keluhan dari pengguna akhirnya menarik perhatian Google dan mereka berupaya untuk melakukan perubahan pada penempatan iklan. Contohnya seperti iklan Overlay yang dikenal sebagai salah satu iklan paling mengganggu.

Baca Juga: 

Hal ini karena iklan overlay YouTube muncul pada video di mana ada tombol close berbentuk X berukuran kecil di pojok kanan atas. Sebagian besar pengguna mungkin secara tidak sengaja mengklik iklan saat mencoba menutupnya yang akhirnya justru masuk ke situs web lain, bukan YouTube.

Klik yang tidak sengaja tersebut dapat menghasilkan lebih banyak uang untuk YouTube dan kreator. Akan tetapi, akhirnya YouTube menyadari bahwa mereka karena adanya pengguna dan bukan hanya karena ada kreator. 

Baca Juga: 

Oleh karena itu, YouTube akhirnya memutuskan untuk menghapus iklan overlay dari video pada platform tersebut. Seperti yang dilansir dari laman Gizchina, iklan jenis overlay dari YouTube ini akan dihapus atau tidak akan muncul lagi di YouTube untuk membantu meningkatkan pengalaman yang menyenangkan untuk menonton konten YouTube. YouTube juga akan mengalihkan interaksi ke format iklan berperforma lebih tinggi di desktop dan perangkat seluler.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 14 Mar 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories