Ternyata Air Panas Lebih Bagus untuk Mendinginkan Tubuh

Untuk memangkas biaya impor, warga Pakistan diminta kurangi konsumsi teh harian. (Pixabay)

MAKASSARINSIGHT.com - Saat suhu naik, kebanyakan orang meraih minuman dingin untuk mendinginkan. Tetapi yang lain menyalakan kompor dan segera menyedu teh panas.  Mana yang lebih efektif?

Banyak orang menganggap teh panas menyegarkan di hari yang panas. Dan  dalam pengobatan tradisional Tiongkok, teh tertentu dikatakan memiliki khasiat mendinginkan bahkan saat dikonsumsi dalam keadaan panas. 

Tetapi bisakah minuman panas benar-benar mendinginkan Anda di hari yang panas? Ternyata, minuman panas memang bisa memberikan efek mendinginkan tubuh, tetapi itu tergantung konteksnya.

Baca Juga: 

Menurut Peter McNaughton, seorang profesor farmakologi di King's College London yang mempelajari termoregulasi, minuman panas benar-benar dapat mendinginkan tubuh. 

"Tampaknya sangat berlawanan dengan intuisi," kata McNaughton kepada Live Science Minggu 20 Agustus 2023. Tetap saja, "Meminum minuman panas benar-benar membuat suhu tubuh Anda turun jika tidak terlalu lembab,” katanya.

Jika minuman lebih hangat dari tubuh, pada awalnya minuman itu membuat Anda lebih panas.  Tetapi, lanjut  McNaughton, manusia, seperti semua hewan berdarah panas. Dia  terus menyesuaikan diri untuk mempertahankan suhu internal yang konsisten. 

McNaughton menemukan bahwa minuman panas (termasuk cabai pedas) mengaktifkan reseptor di saraf kita yang disebut TRPV1. Saraf  yang memberi tahu tubuh bahwa tubuh perlu didinginkan. Sebagai tanggapan, manusia berkeringat.

Keringat yang terkumpul di kulit memang tidak nyaman, tetapi tambahkan angin sepoi-sepoi atau kipas angin, dan udara yang bertiup melewatinya membantu keringat menguap, membawa panas bersamanya. 

Secara umum, McNaughton berkata, "Hidupmu bergantung pada keringat." Berkeringat dapat membantu manusia bertahan hidup di beberapa suhu tertinggi yang didokumentasikan di Bumi, setidaknya di panas kering. 

Sebuah studi tahun 2012 di jurnal Acta Physiologica menemukan bahwa ketika keringat menguap sepenuhnya, minuman panas dapat membantu mendinginkan tubuh secara keseluruhan. Setidaknya untuk sementara. 

Efek sebaliknya, minuman dingin menurunkan suhu tubuh dan kemudian mendorong otak untuk mengurangi keringat agar suhu tubuh kembali ke suhu semula. Sebuah makalah tahun 2018 menunjukkan bahwa dengan lebih sedikit angin, lebih banyak kelembapan, atau penghalang lain untuk keringat yang efektif -  seperti pakaian tebal yang dikenakan oleh petugas pemadam kebakaran. mungkin lebih masuk akal untuk mendinginkan diri dengan meminum es serut. 

Baca Juga: 

"Air dingin pasti akan membuat tubuh Anda lebih dingin," kata McNaughton. "Itu akan cenderung menekan keringat juga. Jika kamu sudah berkeringat, itu mungkin bagus!"

Ada cara lain yang penting agar minuman panas dapat membuat orang tetap sejuk yakni  dengan membuat kita cukup terhidrasi agar berkeringat. Dalam keadaan normal, tubuh dapat dengan cepat mengompensasi chai panas atau milkshake dingin — tetapi tidak dapat mengkompensasi kekurangan cairan. 

"Prioritas nomor satu: minuman panas, minuman dingin, minuman bersuhu ruangan - lupakan saja," kata McNaughton. "Minum saja."

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Amirudin Zuhri pada 21 Aug 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories