Ternyata Ada Kaitan antara Penggunaan Pil Kontrasepsi dan Depresi, Ini Penjelasannya

Penelitian Terbaru: Ada Keterkaitan Antara Penggunaan Pil Kontrasepsi dan Depresi (Shutterstock/ Tatiana Mara)

MAKASSARINSIGHT.com - Dalam perspektif global, depresi adalah penyebab utama kesehatan yang buruk. Lebih dari 264 juta orang terkena dampaknya dan setidaknya 25% wanita dan 15% pria di dunia mengalami depresi yang membutuhkan pengobatan di beberapa titik selama hidup mereka.

Dilansir dari Neuroscience News pada Rabu, 14 Juni 2023, sebuah studi baru yang mengeksplorasi potensi dampak pil kontrasepsi pada kesehatan mental mengungkapkan adanya hubungan yang mengkhawatirkan antara pil kontrasepsi dengan depresi, terutama pada pengguna remaja.

Penelitian ini menganalisis data lebih dari seperempat juta wanita dari UK Biobank sejak lahir hingga menopause. Penelitian menemukan bahwa remaja yang memulai penggunaan pil kontrasepsi memiliki insiden gejala depresi 130% lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan 92% pada pengguna dewasa. 

Insiden ini menurun dengan penggunaan lanjutan selama dua tahun pertama, tetapi peningkatan risiko tetap ada bahkan setelah menghentikan penggunaan pil untuk pengguna remaja.

Baca Juga: 

Efek Negatif Pil Kontrasepsi 

Kemungkinan bahwa pil kontrasepsi memiliki efek negatif pada kesehatan mental dan bahkan menyebabkan depresi telah lama dibahas.  Meski banyak wanita yang memilih berhenti menggunakan pil KB karena pengaruhnya terhadap suasana hati, hingga kini gambaran yang muncul dari penelitian belum jelas.

Para peneliti mengumpulkan data tentang penggunaan pil kontrasepsi pada wanita, saat mereka pertama kali didiagnosis depresi dan saat pertama kali mengalami gejala depresi tanpa menerima diagnosis.

Metode kontrasepsi yang diteliti adalah pil kontrasepsi kombinasi yang mengandung progestogen, senyawa yang menyerupai hormon progesteron, dan estrogen.

Progestogen mencegah ovulasi dan mengentalkan lendir serviks untuk mencegah sperma memasuki rahim, sedangkan estrogen menipiskan lapisan rahim untuk menghambat implantasi sel telur yang telah dibuahi.

“Meskipun kontrasepsi memiliki banyak keuntungan bagi wanita, baik praktisi medis maupun pasien harus diberi tahu tentang efek samping yang diidentifikasi dalam penelitian ini dan penelitian sebelumnya,” kata Therese Johansson dari Departemen Imunologi, Genetika, dan Patologi di Universitas Uppsala, salah satu peneliti.  memimpin studi.

Pengaruh Kuat pada Perempuan Remaja

Johansson mengatakan pengaruh pil kontrasepsi yang kuat pada remaja dapat dikaitkan dengan perubahan hormonal yang disebabkan oleh pubertas.  Karena wanita dalam kelompok usia tersebut telah mengalami perubahan hormonal yang substansial, mereka dapat lebih mudah menerima tidak hanya perubahan hormonal tetapi juga pengalaman hidup lainnya.

Para peneliti juga dapat melihat bahwa peningkatan kejadian depresi menurun ketika wanita tersebut terus menggunakan pil kontrasepsi setelah dua tahun pertama.

Namun, remaja pengguna pil kontrasepsi masih mengalami peningkatan kejadian depresi bahkan setelah berhenti menggunakan pil, yang tidak diamati pada pengguna pil kontrasepsi dewasa.

“Penting untuk ditekankan bahwa kebanyakan wanita mentolerir hormon eksternal dengan baik, tanpa mengalami efek negatif pada suasana hati mereka, jadi pil KB kombinasi adalah pilihan yang sangat baik bagi banyak wanita.

Pil kontrasepsi memungkinkan wanita untuk menghindari kehamilan yang tidak direncanakan dan juga dapat mencegah penyakit yang mempengaruhi wanita, termasuk kanker ovarium dan kanker rahim.

Namun, wanita tertentu mungkin mengalami peningkatan risiko depresi setelah mulai menggunakan pil kontrasepsi.”

Temuan studi menunjukkan perlunya profesional kesehatan untuk lebih menyadari kemungkinan hubungan antara berbagai sistem dalam tubuh, seperti depresi dan penggunaan pil kontrasepsi.

Para peneliti menyimpulkan bahwa penting bagi penyedia layanan perawatan untuk memberi tahu wanita yang sedang mempertimbangkan untuk menggunakan pil kontrasepsi tentang potensi risiko depresi sebagai efek samping dari obat tersebut.

Baca Juga: 

“Karena kami hanya menyelidiki pil kontrasepsi kombinasi dalam penelitian ini, kami tidak dapat menarik kesimpulan tentang pilihan kontrasepsi lain, seperti pil mini, koyo kontrasepsi, spiral hormonal, cincin vagina atau batang kontrasepsi.  Dalam studi masa depan, kami berencana untuk memeriksa berbagai formulasi dan metode administrasi.

“Ambisi kami dalam membandingkan berbagai metode kontrasepsi adalah untuk memberi wanita lebih banyak informasi untuk membantu mereka mengambil keputusan yang tepat tentang pilihan kontrasepsi mereka,” kata Johansson.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 14 Jun 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories