Sudah Tak Representatif, KPU Sulsel Minta Kantor Baru ke Pj Gubernur

KPU

MAKASSARINSIGHT.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Hasbullah meminta Pemprov Sulsel untuk memfasilitasi kantor baru karena kantor yang ada saat ini dinilai sudah tidak representatif lagi.


Hal itu disampaikan Hasbullah saat penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah atau NPHD Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 di kantor Gubernur Sulsel, Kota Makassar, Senin (2/102/2023).


"Selain NPHD, yang kami harapkan juga itu terkait kantor. Kantor kami kecil, kalau kami undang teman - teman parpol (partai politik) itu sesak luar biasa dan tidak kondusif," ujar Hasbullah menyampaikan sambutan.

Baca Juga:


Hasbullah berharap Pemprov Sulsel bisa memberikan lahan kepada KPU Sulsel untuk membangun kantor baru yang representatif untuj mengganti kantor saat ini yang berlokasi di Jalan Andi Pangerang Pettarani, Makassar.


"Semoga bapak ibu bsa membantu kami, sehingga kami KPU punya kantor yang kondusif untuk menjalankan proses pemilu ke depan," kata Hasbullah.


Mendengar permintaan itu, Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengaku kantor KPU Sulsel saat ini memang tidak layak karena berada di jalan raya.


"Soal kantor memang tidak representatif, kantornya juga tidak alokatif karena pas di pinggir jalan. Jadi kalau ada acara di sana, sebagian jalan ditutup. Luas bangunannya juga kecil," tutur Bahtiar


Meski demikian, Bahtiar menyebut Pemprov Sulsel saat ini belum menganggarkan atau memfasilitasi lahan untuk kantor baru KPU Sulsel. Ia meminta masalah sekretariat tidak menghambat kerja-kerja penyelenggaraan pemilu.

Baca Juga: 


"Nanti kita diskusikan khusus kantor baru KPU. Semoga tidak mengurangi semangat teman - teman untuk menyukseskan pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Kita akan cari solusi ke depan," pungkas Bahtiar.


Adapun hibah anggaran Pilgub Sulsel 2024 yang berasal dari APBD Perubahan 2023 sebesar Rp224 miliar. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories