Sir Jim Ratcliffe, Miliarder yang Diisukan Beli Manchester United

Sir Jim Ratcliffe (Daily Star)

MAKASSARINSIGHT.com—Manchester United (MU) belakangan dikaitkan dengan sosok miliarder Inggris bernama Sir Jim Ratcliffe. Pengusaha yang masuk jajaran orang terkaya di Inggris ini dikabarkan berniat mengakuisisi MU dari tangan Malcolm Glazer. 

Perpindahan kepemilikan itu bukan tak mungkin terealisasi mengingat keluarga Glazer juga ingin melepas United, klub yang dimilikinya sejak tahun 2005. 

Baca Juga: 

Berikut sejumlah fakta mengenai Sir Jim Ratcliffe seperti dikutip dari Planet Football.

1. Kekayaan Capai 11 Miliar Poundsterling

Forbes melaporkan kekayaan pribadi Ratcliffe mencapai 11 miliar poundsterling. Adapun Sunday Times mencatat harta sang taipan sekitar 6 miliar poundsterling. Kekayaan tersebut membuat Ratcliffe masuk menjadi orang terkaya ke-27 di Inggris versi Sunday Times.

2. Punya 26.000 Karyawan 

Ratcliffe menghasilkan kekayaannya lewat perusahaan petrokimia bernama Ineos. Ineos punya 194 cabang yang tersebar di 29 negara. Perusahaan yang memiliki 26.000 pekerja ini menghasilkan penjualan sekitar 50 miliar poundsterling.

Baca Juga: 

3. Anak Tukang Kayu

Kehidupan masa kecil Ratcliffe tak bergelimang harta seperti sekarang. Dia dibesarkan di perkebunan sederhana di Failsworth, Greater Manchester. Ayah Ratcliffe seorang tukang kayu, ibunya pekerja kanntoran. 

4. Fans Fanatik MU

Ratcliffe sempat mengungkapkan bahwa dirinya penggemar MU seumur hidup dalam wawancaranya dengan Financial Times, Oktober 2022. Memori yang paling membekas adalah saat dia menonton final Liga Champions 1999 di Barcelona. Kala itu MU sukses memecundangi Bayern Munich dengan skor 2-1 lewat laga dramatis. 

5. Sudah Ajukan Tawaran Resmi

Pihak Ratcliffe menyatakan serius ingin mengakuisisi MU. Juru bicara Ratcliffe menyebut tawaran resmi sudah diberikan dan menanti proses selanjutnya. Proses penjualan MU diharapkan selesai pada kuartal pertama tahun 2023.

6. Sempat Ingin Beli Chelsea

Sebelum ingin membeli Manchester United, Ratcliffe pernah berupaya mengakuisisi Chelsea dari tangan Roman Abramovich musim lalu. Ratcliffe memberi penawaran 2,5 miliar poundsterling dan siap menginvestasikan 1,75 miliar poundsterling pada 10 tahun pertama. Namun tawaran itu ditampik karena Todd Boehly, pemilik saat ini, memberikan nominal yang lebih besar. 

7. Sukses Majukan Nice

Klub Ligue 1 Prancis, Nice, sempat merasakan masa kejayaan di bawah Ineos usai dibeli pada Agustus 2019 seharga 100 juta poundsterling. Nice yang sebelumnya tim medioker mampu mengontrak Patrick Vieira dan finis di lima besar kompetisi. Musim lalu Nice kembali berada di posisi lima setelah musim sebelumnya turun di peringkat sembilan. Namun kini Nice harus berjuang lagi di papan tengah setelah pelatih Christophe Galtier hijrah ke PSG.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Chrisna Chanis Cara pada 24 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories