Simak Data Inggris Vs Spanyol di Final Euro 2024: H2H dan Nilai Pasar

Pertandingan Spanyol Vs Jerman di Perempat Final Euro 2024 berlangsung di Mercedenz-Benz Arena, Stuggart, Jerman, pada Jumat, 5 Juli 2024, tengah malam pukul 23.00 WIB. (Dok/Reuters-Fabian Bimmer)

MAKASSARINSIGHT.com – Inggris yang tampil kurang konsisten di Euro 2024 berhasil melaju ke partai final setelah menyingkirkan Belanda dengan skor 2-1 pada laga semalam, Rabu, 11 Juli 2024. Tim Tiga Singa akan menantang Spanyol yang tampil superior pada ajang empat tahunan ini.

Bukannya apa-apa, Spanyol memastikan satu tiket ke Stadion Olimpiade Berlin, tempat final Euro 2024, dengan rekor menang terus. Meski begitu, anak asuh Luis de la Fonte tetap harus waspada, karena sejak 16 Besar hingga Semifinal, Inggris selalu berhasil membalikkan kedudukan setelah tertinggal lebih dulu. 

Dari segi rekam jejak pertemuan kedua tim, Tiga Singa juga berhasil unggul dengan catatan 14 kemenangan dari total 27 pertemuan melawan La Furia Roja. Spanyol hanya meraih 10 kemenangan, sementara 3 pertemuan lainnya berakhir imbang. 

Baca Juga: 

Begitu juga dalam dua pertemuan kedua tim di ajang Euro sebelumnya, Inggris selalu keluar sebagai pemenang. Kala itu, Tiga Singa berhasil menang 2-1 pada Euro 1980 di babak grup, dan memenangi adu penalti di perempat final Euro 1996.

Lalu, dari segi kekayaan skuat, tim nasional Inggris yang saat ini dilatih oleh Gareth Southgate juga jauh lebih bernilai daripada Spanyol yang memiliki nilai pasar skuat sebesar Rp16,78 triliun saja.

Sementara itu, nilai pasar skuat Inggris mencapai Rp26,3 triliun, menjadikannya tim dengan nilai tertinggi di Euro 2024. Namun, dalam hal pengalaman bertanding di laga final, Spanyol sedikit lebih unggul.

Bagi Spanyol, Euro 2024 akan menjadi final kelima mereka dalam kompetisi ini. Sebelumnya, La Furia Roja telah tiga kali menjadi juara Piala Eropa. Hal tersebut berbanding terbalik dengan Inggris, yang hingga kini belum pernah menjadi kampiun dari 2 kesempatan final sebelumnya. 

Preview Laga

Menariknya, kedua tim yang akan bertanding dalam final pada Senin, 15 Juli 2024, pukul 02:00 WIB, dapat menurunkan skuad terbaik mereka. Spanyol dapat memperkuat tim mereka dengan kembalinya Dani Carvajal dan Robin Le Normand setelah keduanya absen di semifinal karena skorsing. 

Satu-satunya yang dipastikan absen dari pihak La Roja adalah Pedri karena cedera, namun kehadiran Dani Olmo yang tampil gemilang diharapkan bisa mengatasi kekosongan tersebut. Olmo juga menjadi top skorer Spanyol dengan mencetak 3 gol, meskipun hanya bermain selama 341 menit dalam 5 pertandingan.

Di kubu Southgate, tidak ada masalah besar yang menghalangi mereka untuk menurunkan skuad terbaik. Luis de la Fuente dan Gareth Southgate tentu berharap agar kebugaran skuad mereka tetap terjaga hingga hari pertandingan.

Baca Juga: 

Link Streaming

Anda dapat menyaksikan pertandingan ini langsung di televisi atau melalui siaran live streaming. Semua pertandingan Euro 2024 akan ditayangkan di platform penyiaran MNC Group, termasuk di kanal RCTI dan MNC TV.

Selain itu, Anda juga bisa menonton Euro 2024 melalui live streaming Vision+. Untuk mengakses layanan ini, Anda perlu berlangganan dengan biaya Rp99.000. Berikut adalah tautan untuk menonton pertandingan Spanyol vs Inggris: LINK STREAMING

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Alvin Pasza Bagaskara pada 11 Jul 2024 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan

Related Stories