Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1444 Hijriyah Jatuh pada Hari Kamis

(null)

MAKASSARINSIGHT.com - Hasil sidang itsbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag), menetapkan awal Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada hari Kamis (23/3/2023) besok. 

Penetapan 1 Ramadan 1444 Hijriah ini merupakan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah organisasi masyarakat Islam.

Rapat sidang isbat penetapan awal Ramadhan dipimpin oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

"Berdasarkan di atas ufuk tadi iya sepakat dan musyawarah jatuh pada hari kamis tanggal 23 Maret 2023," kata Menag Yauqut kepada wartawan saat konferensi pers, Rabu (22/3/2023).

Baca Juga: 

Menang Yaqut menjelaskan, sidang isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan hilal di 24 titik di seluruh wilayah Indonesia.

Sidang isbat ini melibatkan peserta dari berbagai lembaga, seperti Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam.

"Berdasarkan pantauan hilal di 124 titik, kita berharap seluruh umat Islam menjalankan ibadah puasa bersama-sama ini wujud kebersamaan kita momentum untuk memperkuat bapak ibu sekalian demekian laporan Sidan isbat tadi," ujarnya. (***)

Baca Juga: 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories